Breaking News:

PPKM Darurat

Pengamat Prediksi PPKM Darurat Bisa Diperpanjang hingga September 2021, Simak Penjelasannya

Naiknya kasus Covid-19 menyebabkan pelaku pasar khawatir pemerintah akan memperpanjang PPKM darurat empat sampai enam pekan atau lebih. 

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Wartakotalive/Hironimus Rama
Untuk menekan angka Covid-19 selama PPKM Darurat, Pemkab Bogor berdayakan kampung dan RW Siaga 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA-- Polemik terkait ada tidaknya perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat masih terus berlanjut. 

Pengamat Pasar Modal Hans Kwee mengatakan, masih naiknya kasus Covid-19 menyebabkan pelaku pasar khawatir pemerintah akan memperpanjang PPKM darurat empat sampai enam pekan atau lebih. 

"Bahkan, bisa saja Indonesia akan melakukan PPKM darurat minimal 3 bulan dari Juli hingga September 2021," ujar dia melalui risetnya, Minggu (18/7/2021). 

Baca juga: Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar, Pengurus Demokrat Berterimakasih kepada Annisa Pohan

Menurut Hans, sebelumnya juga ada pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa pemerintah sudah menyiapkan skenario perpanjangan PPKM Darurat hingga 6 pekan dan sudah mempersiapkan anggarannya. 

"Perpanjangan PPKM darurat karena kasus Covid-19 yang berlarut-larut dan pergerakan masyarakat yang direm dapat mengakibatkan stagnasi konsumsi masyarakat dan investasi," katanya. 

Baca juga: Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar, Pengurus Demokrat Berterimakasih kepada Annisa Pohan

"Kondisi ini membuat pemulihan ekonomi berhenti, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 berpotensi tergerus. Bank Indonesia telah prediksi GDP di 2021 di angka 3,8 persen sebagai level optimis dan bisa di bawah 3 persen bila PPKM darurat diperpanjang," pungkas Hans.

Penjelasan pemerintah

Saat ini pemerintah terapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

Mengingat kini kasus Covid-19 terus mengalami lonjakan di Indonesia, sehingga pemerintah langsung melakukan perpanjangan PPKM darurat.

Diketahui sebelumnya, apabila penerapan PPKM darurat sudah berjalan sejak 3 Juli 2021 dan berakhir 20 Juli 2021.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved