Breaking News:

Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Penyintas Thalassemia Butuh Transfusi Darah Seumur Hidup Mereka

Supaya tidak teracuni tubuhnya, orang dengan thalassemia berat atau mayor perlu mendapatkan transfusi darah seumur hidup mereka.

Editor: Hertanto Soebijoto
aladokter.com
Orang dengan thalassemia berat atau mayor perlu mendapatkan transfusi darah seumur hidup mereka. Foto ilustrasi: Transfusi darah. (aladokter.com) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Apakah penyintas thalassemia harus transfusi darah seumur hidup?

Dokter konsultan hematologi-onkologi anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Sri Mulatsih mengatakan, orang dengan thalassemia berat atau mayor perlu mendapatkan transfusi darah seumur hidup mereka.

Mengapa orang dengan thalassemia berat atau mayor perlu mendapatkan transfusi darah seumur hidup mereka?

"Supaya tidak teracuni tubuhnya. Transfusi rutin agar tumbuh kembang penyintas baik," kata dia dalam sebuah webinar kesehatan, dikutip Minggu (30/5/2021).

Thalassemia merupakan kondisi akibat tidak bagusnya kualitas darah merah karena salah satu protein yang menyebabkan darah merah lentur kurang diproduksi sehingga usianya tak sepanjang pada orang normal (yakni 125 hari) dan selalu rusak.

Baca juga: Derita Penyakit Penyumbatan Pembuluh Darah, Begini Kondisi Pengisi Suara Pak Ogah di Film Si Unyil

Baca juga: VIDEO Cerita Tasya Kamila Tahu Suami Idap Kanker Stadium 2 Usai Bedah Throax dan Muntah Darah

Dampaknya, sumsum tulang lalu bekerja secara keras untuk membuat darah merah, sehingga pasien selalu mengalami anemia berulang dan membutuhkan transfusi darah.

Penyakit yang diturunkan orangtua, baik ayah atau ibu ini memiliki gejala umum berupa pucat apabila sudah masuk kategori berat namun cenderung tak terdeteksi pada mereka dengan gejala ringan atau minor.

Hingga saat ini, belum ada obat untuk thalassemia sehingga penyintas yang bergejala berat (mayor) sehingga harus mendapatkan tranfusi darah rutin dengan minimal hemoglobin (Hb) 9.

Transfusi darah bertujuan agar darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dan fungsi organ menjadi lebih baik. Sumsum tulang juga tidak perlu bekerja terlalu berat untuk mengkompensasi karena anemia yang berat.

Baca juga: Olahraga Ringan hingga Sedang Bagi Penderita Hipertensi dapat Mengontrol Tekanan Darah

Selain transfusi, penyandang thalassemia mayor juga perlu diberi kelasi besi karena berisiko kelebihan zat besi akibat zat ini tidak berfungsi di tubuh (akibat tidak larut di dalam air, tidak bisa diikat dan dibuang) sehingga meracuni tubuh.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved