Breaking News:

VIDEO Cerita Tasya Kamila Tahu Suami Idap Kanker Stadium 2 Usai Bedah Throax dan Muntah Darah

Tasya Kamila baru mengetahui Randi Bachtiar suaminya divonis mengidap kanker kelenjar getah bening ketika melakukan pemeriksaan ke dokter pada Oktober

Penulis: Arie Puji Waluyo | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo
Penyanyi Tasya Kamila menceritakan awal mula sang suami, Randi Bachtiar didiagnosa dan divonis kanker kelenjar getah bening stadium dua. 

Laporan Wartawan WARTAKOTALIVE.COM, ARIE PUJI WALUYO

WARTA KOTA, JAKARTA - Penyanyi Tasya Kamila menceritakan awal mula sang suami, Randi Bachtiar didiagnosa dan divonis kanker kelenjar getah bening stadium dua.

Tasya Kamila baru mengetahui Randi Bachtiar, suaminya divonis mengidap kanker kelenjar getah bening ketika melakukan pemeriksaan ke dokter pada Oktober 2020.

"Tahu gejalannya itu memang Oktober kemarin sih. Karema memang puncaknya Randi ini sesak banget sebelum diperiksa," kata Tasya Kamila dalam jumpa pers di kediamannya di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (10/5/2021) ditemani Randi Bachtiar.

Tasya menyebutkan, awal mula Randi mengalami sesak di tahun 2019. Hal tersebut dirasakan sang suami setelah ikut maraton dan mereka menganggap hanya kecapean.

Baca juga: Tasya Kamila Yakin Randi Bachtiar Sembuh dari Kanker Kelenjar Getah Bening Setelah Jalani Operasi

Baca juga: Suami Idap Kanker Getah Bening Stadium 2, Tasya Kamila: Berharap yang Terbaik, Siap yang Terburuk

"Jadi pas mebangun, duduk sampai harus nunggu setengah jam buat ambil napas," ucap Randi Bahctiar.

"Kita nggak tahu kalau itu adalah sesuatu yang berbahaya atau apa. Kami pikir lagi banyak latihan lari aja. Selain itu pegel, tapi kan semua orang sering begitu," timpal Tasya Kamila.

Tasya menyampaikan sesak Randi semakin parah sampak sang suami mengalami batuk kering yang cukup sering dan parah.

Baca juga: Tasya Kamila Buka Rahasia Setelah Ditutupi Sejak Lama, Randi Bachtiar Mengidap Kanker Stadium 2

"Karena pandemi kan sering swab pcr dan negatif. Kami ke dokter THT juga, dikasih antibiotik sampai habis. Dokter THT bilang udah nggak ada gejala infeksi lagi. Terus sekali waktu, Randy keluar darah batuknya. Bukan dari muntah darah, cuma dahak keluar darah," jelas Tasya.

"Akhirnya ke dokter paru, di Rontgen, kelihatan ada massa di rongga dadanya Randy. Dokter paru akhirnya menyarankan CT scan dan baru jelas ada massa (tumor) di rongga dada," tambahnya.

"Lumayan gede, ukurannya 9,2x5,5 cm tebelnya 1 cm," timpal Randi.

Baca juga: Tasya Kamila Berusaha Tegar dan Sabar, Randi Bachtiar Divonis Derita Kanker hingga Jalani Operasi

Namun, hasil pemeriksaan sementara, Tasya tak tahu apakah tumor tersebut tumor jinak atau galak. Sehingga Randi menjalani biopsi agar mengetahui lebih detil soal massa atu tumor itu sendiri.

"Akhirnya dilakukan biopsi . Biopsi itu di CT scan, karena ada di organ dada, jadi harus diguide diambil pakai jarum untuk sampel. Awalnya terdiagnosis dengan timoma. Itu penanganannya harus dioperasi, bedah thorax," ungkap Tasya.

Kemudian, dijelaskan Tasya Kamila, Randi Bachtiar baru menjalani pemeriksaan dan operasi bedah throax di Januari 2021. Usai hal itu dilakukan, mereka baru mengetahui penyakit Randi yang sebetulnya.

"Setelahnya baru deh ketauan kalau masa nya itu ternyata kanker kelenjar getah bening jenisnya limfoma hodgki  dan kalau stadiumnya baru ketauan stadium 2," ujar Tasya Kamila. (Arie Puji Waluyo/ARI).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved