Konflik Palestina Israel

Mustofa Sindir Pihak yang 'Kepanasan' Muhammadiyah Bisa Kumpulkan Rp10 Miliar untuk Bantu Palestina

Lazismu, melalui relawannya di Gaza, mendistribusikan seribu paket makanan dan 300 paket alat medis di dua rumah sakit tersebut.

Editor: Feryanto Hadi
tarbiyah.net
Mustofa Nahrawardaya 

WARTAKOTAIVE.COM, JAKARTA-- Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) telah mengumpulkan dana bantuan untuk warga Palestina sekitar Rp10 miliar.

Bantuan ini bukan kali pertama disalurkan oleh organisasi berlambang matahari, melainkan sejak 2017. 

Meski demikian, sejumlah netizen justru ada yang bersuara miring terkait pengumpulan donasi bagi Palestina.

Ada yang menganggap dana kemanusiaan tersebut sebaiknya disalurkan di negara sendiri, bukan negara lain. 

Baca juga: Ade Armando Pertanyakan Uang Donasi Beli Kapal Selam yang Dipromosikan UAS, Singgung Fee UAS Dkk

Baca juga: Jusuf Kalla Kirimkan Donasi PMI dari Rakyat Indonesia Sebesar Rp1 Miliar untuk Palestina

Bahkan, ada yang justru tidak senang ketika Muhammadiyah membantu sesama muslim di Palestina.

Kritik itu mengundang akun-akun Twitter organisasi Muhammadiyah ikut menjelaskan himpunan dana yang akan disumbangkan ke Palestina itu.

"Muhammadiyah itu organisasi sosial-keagamaan. Jadi kalau ada masalah sosial-keagamaan yang terjadi, di mana pun itu, InsyaAllah Muhammadiyah dengan sigap akan membantu. Kemanusiaan itu lintas suku, agama, bangsa," tulis akun Twitter @SuaraAisyiyah, Minggu (23/5/2021).

Akun tersebut mempertontonkan infografis sumbangsih Muhammadiyah untuk Indonesia. Isinya satu di antaranya amal usaha milik Muhammadiyah yang ikut berperan di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, dan keagamaan. 

Amal usaha yang telah berdiri hampir di penjuru Indonesia disebutkan antara lain, 164 perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah dengan sekitar 17ribu dosen, 364 rumah sakit dan klinik, 384 panti asuhan, 20.198 masjid dan musala, 356 pondok pesantren, 2.766 SD/MI, 1.826 SMP/MTS, serta 1.407 SMA/SMK.

Selama pandemi, Muhammadiyah bankan berkiprah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Sri Mulyani Desak Pemerintah Daerah Genjot Belanja Anggaran, Uang Jangan hanya Disimpan di Bank

Melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), organisasi ini telah mengeluarkan dana kemanusiaan sekitar Rp346 triliun.

Dana tersebut digunakan di segala sektor yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19, seperti pembagian termometer,bantuan beras sebanyak 26.160 kg, pengadaan mobil edukasi, pembagian masker, distribusi alat kesehatan, pelayanan psikososial, bantuan wastafel portabel, pembagian disinfektan, bantuan potongan biaya belajar mahasiswa, pembagian vitamin, serta distribusi alat perlindungan diri medis.

Seperti diketahui, Lazismu menyalurkan bantuan satu di antaranya ke Shifa Hospital dan Jabalia Medial Center di Kota Gaza pada Kamis (20/05/2021).

Baca juga: Isu Capres Bikin Kandang Banteng Memanas, Pengamat Tantang Ganjar Pranowo Pindah Partai

Lazismu, melalui relawannya di Gaza, mendistribusikan seribu paket makanan dan 300 paket alat medis di dua rumah sakit tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved