Breaking News:

Larangan Mudik

Polres Tangsel Siapkan 1.000 Alat Tes Swab Antigen Bagi Para Pemudik yang Kembali ke Rumah

Polres Tangerang Selatan menggelar swab tes antigen covid-19 bagi sejumlah pemudik di Posko Penyekatan Mudik Lebaran Tahun 2021 di Bitung.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Rizki Amana
Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin (kiri) bersama Wakapolres Tangsel, Kompol Lalu Hedwin Hanggara (kanan) saat meninjau kegiatan swab tes antigen bagi pemudik di Jalan Raya Serang, Curug, Kabupaten Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, CURUG - Polres Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar swab tes antigen covid-19 bagi sejumlah pemudik di Posko Penyekatan Mudik Lebaran Tahun 2021 Bitung di kawasan Jalan Raya Serang, Curug, Kabupaten Tangerang. 

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menyediakan ribuan alat tes usap bagi pengguna jalan yang terindikasi sehabis melakoni perjalanan mudik Lebaran. 

"Untuk hari ini kami siapkan ada 1.000 rapid tes untuk masyarakat. Personel yang dilibatkan dalam kegiatan ini yaitu personel Polres Tangsel, kemudian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan rekan Dishub untuk pengaturan lalu lintas," kata Iman saat meninjau jalannya kegiatan di lokasi, Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (15/5/2021).

Iman menuturkan legiatan tersebut diberlakukan serentak di sejumlah posko penyekatan perbatasan wilayah kabupaten/kota.

Baca juga: Kena Penyekatan Mudik di Karawang, Warga Pulo Gebang Jakarta Timur Pilih Rekreasi di TMII

Menurutnya sejumlah pengendara dilakukan pemeriksaan secara acak dengan catatan terindikasi melalkoni perjalanan mudik Lebaran. 

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi para pemudik agar tak menjadi carrier covid-19 usai melakoni perjalanan mudik Lebaran. 

"Kami harus memastikan bahwa masyarakat yang kembali itu sehat dan tidak terindikasi terpapar virus covid-19. Untuk itu kami menyiapkan satu tempat untuk pemeriksaan, kami lakukan swab antigen," katanya. 

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Bakauheni yang Positif Covid-19 Bakal Langsung Disolasi, Lampung Siapkan Tempat

Selain itu, pihaknya bakal melakukan penanganan lanjutan jika didapati pemudik yang terdeteksi positif covid-19.

"Apabila ada hasil yang reaktif kami akan melakukan langkah berikutnya dengan mengirim masayarakat tersebut ke tempat isolasi mandiri yang telah disiapkan Pemerintah Kota Tangsel maupun Pemerintah Kabupaten Tangerang," jelasnya. 

Ia pun mengimbau agar para pemudik dapat melakukan swab test antigen covid-19 sebelum kembali ke kediamannya masing-masing.

Baca juga: Rumah Pemudik di Kabupaten Bekasi Dipasang Stiker Khusus oleh Satgas Covid-19

"Diimbau untuk masyarakat yang melaksanakan balik dari mudik untuk melakukan swab antigen maupun rapid, ataupun swab pcr dan kembali dalam keadaan sehat. Dengan membawa surat keteragan hasil swab pcr atau antigen tersebut," tuturnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved