Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

KISAH Muslim di Hong Kong Jalani Ramadan di Masa Pandemi, Tak Lagi Buka Puasa di Masjid

Sebagai kota yang menghargai keragaman, Hong Kong memiliki banyak pilihan tempat makan dan toko halal bagi para wisatawan dan umat muslim lokal.

ISTIMEWA
Masjid Raya Kowloon di Hong Kong. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Sama seperti umat muslim di seluruh dunia, sebanyak 300 ribu umat muslim di Hong Kong juga ikut merayakan bulan suci Ramadan.

Sebagai kota yang menghargai keragaman, Hong Kong memiliki banyak pilihan tempat makan dan toko halal bagi para wisatawan dan umat muslim lokal.

Hong Kong juga memiliki lima masjid besar, yaitu Masjid Kowloon, Masjid Al Ammar, Masjid Jamie, Masjid Chai Wan, dan Masjid Stanley; serta sejumlah musala di berbagai tempat.

Baca juga: 4 Jam Geledah Ruang Kerja Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Penyidik KPK Bawa Tiga Koper

Umumnya, selama Bulan Ramadan, seluruh aktivitas akan terpusat di masjid, mulai dari berbuka puasa, salat berjemaah, hingga saling berbagi kebutuhan di antara masyarakat setempat.

Menurut Imam Besar Hong Kong Muhammad Arshad, situasi Ramadan di Hong Kong terasa berbeda sejak pandemi Covid-19 melanda tahun lalu.

Tahun 2020 lalu, masjid ditutup sekitar setengah Bulan Ramadan.

Baca juga: THR PNS 2021 Tidak Dibayar Penuh, Ini Daftar Komponen yang Tak Diberikan

Setelahnya, masjid dibuka, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di mana para jemaah diwajibkan menjaga jarak, dan mengenakan masker selama salat di masjid.

“Ramadan tahun lalu dan tahun ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini, kami masih melaksanakan Salat Tarawih di dalam masjid, dengan protokol kesehatan yang ketat, termasuk menjaga jarak."

Baca juga: Pemerintah Bakal Bangun Rumah untuk Keluarga 53 Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur

"Kami pun tidak lagi melakukan berbuka puasa di masjid, di mana para jemaah akan membawa makanan dan minuman, bukan hanya untuk berbuka puasa, namun juga untuk dibagikan ke warga setempat."

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved