Breaking News:

Warta Ekonomi

Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Jadi Sumber Pertumbuhan Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, target pasar ekonomi syariah meningkat dengan hitungan sebelum ada pandemi Covid-19.

Brilio.net
SRI Mulyani 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Kementerian Keuangan menyatakan, ekonomi syariah secara global mengalami pertumbuhan baru dan potensinya menjanjikan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, target pasar ekonomi syariah meningkat dengan hitungan sebelum ada pandemi Covid-19.

"Kita lihat ekonomi syariah secara global itu pada tahun 2023 sebelum krisis Covid-19 diproyeksikan akan mencapai 3 triliun dolar Amerika Serikat (AS). Kemudian dari sisi aset keuangan syariah bisa mencapai 3,9 triliun dolar AS," ujarnya dalam acara "Economic Challenges Spesial Ramadan" secara virtual, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Isu Reshuffle, Hidayat Nur Wahid Ingatkan Jokowi Jangan Tunjuk Menteri yang Berpotensi Bikin Gaduh

Baca juga: Sri Mulyani Pede Akselerasi Ekonomi Terjadi di 2021, Begini Jurus-jurus yang Akan Dilakukan

Di mana, proyeksi ini didukung oleh konsumsi umat muslim di sektor keuangan syariah yang meningkat dari 2 triliun dolar AS menjadi 2,4 triliun dolar AS dalam 5 tahun terakhir atau dengan pertumbuhan 3,1 persen.

"Nah, kalau kita lihat bahwa potensinya itu besar dan sekarang kita menghadapi Covid-19. Di mana, Covid-19 itu mempengaruhi baik sisi permintaan maupun suplainya," kata Sri Mulyani.

Karena itu, eks direktur pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, pemerintah di dalam mendesain penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, termasuk didalamnya adalah ekonomi Syariah.

Baca juga: Sri Mulyani Ternyata Punya Cara Jitu Atasi Perubahan Iklim, Begini Strateginya

Baca juga: Kemenperin Fasilitasi Kerja Sama Pengembangan Industri Kedirgantaraan dan Alat Kesehatan

"Kalau kita lihat dari sisi ekonomi maka di sisi permintaan dan sisi suplai menjadi sangat penting dan di sini strategi pemulihan. Namun, pada saat yang sama dimensi dari ekonomi syariah di dalamnya ada dari sisi permintaan," pungkas Sri Mulyani.

Yanuar Riezqi Yovanda

Penulis:
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved