Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

BULAN Suci Ramadan, MUI Imbau Masyarakat Tidak Bingung Hadapi Perbedaan Jadwal Imsakiyah

MUI Jawa Tengah mengimbau masyarakat tak bingung menghadapi perbedaan jadwal imsakiyah pada Ramadhan mendatang mengingat perbedaan pendapat wajar.

Editor: Hertanto Soebijoto
HO/Wartakotalive.com
Ketua MUI Jawa Tengah Abu Rochmad di Semarang, Sabtu (10/4/2021) mengatakan, masyarakat tidak bingung dalam menghadapi perbedaan jadwal imsakiyah pada bulan Ramadhan mendatang. Foto ilustrasi: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMARANG - Hampir bisa dipastikan, awal bulan suci Ramadan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.

Keyakinan itu didasarkan pada penetapan awal bulan suci Ramadan dua ormas besar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

NU dan Muhammadiyah sudah menetapkan awal bulan suci Ramadan, yakni hari Selasa, 13 April 2021.

Video: Jelang Ramadan, Petugas Sidak Kamar Warbin Lapas Salemba

Sementara itu muncul perbedaan jadwal imsakiyah pada bulan Ramadhan mendatang.

Atas munculnya perbedaan jadwal imsakiyah itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah mengimbau masyarakat tidak bingung dalam menghadapi perbedaan jadwal imsakiyah pada bulan Ramadhan mendatang mengingat "ikhtilaf" atau perbedaan pendapat dalam fiqh merupakan hal yang wajar.

"Oleh karena itu, kami mengimbau umat Islam harus cerdas dan bijaksana dalam menyikapi perbedaan tersebut, khususnya perbedaan waktu imsak Ramadhan 1442 H/2021 M," kata Ketua MUI Jawa Tengah Abu Rochmad di Semarang, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Kemenag: Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 2021 Tak Berlaku di Zona Oranye dan Zona Merah

Baca juga: Jelang Bulan Suci Ramadan, Harga Ayam Potong di Pasar Grogol Jakarta Barat Mulai Alami Kenaikan

Selain itu, pihaknya berharap umat Islam lebih bijaksana bila mengikuti jadwal imsakiyah Ramadhan 1442 H/2021 M dengan lebih berhati-hati dalam ijtihadnya, yaitu jadwal imsakiyah yang dikeluarkan Kementerian Agama.

"Kami juga mengimbau umat Islam untuk tidak bingung dan resah serta tetap menjaga kesejukan dan ukhuwah Islamiyah dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun 2021 M," kata Abu Rochmad.

Abu Rochmad mengatakan, mengenai imsakiyah tersebut ada perbedaan antara jadwal yang diterbitkan oleh Kementerian Agama dan PBNU dengan jadwal imsakiyah yang dikeluarkan PP Muhammadiyah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved