Breaking News:

Berita Jakarta

Ombudsman Buka Suara Soal Kasus Sengketa Lahan Milik Pertamina Berujung Bentrokan Warga di Pancoran

Insiden bentrokan di Jalan Pancoran Buntu II, Jakarta Selatan, Rabu (17/3/2021) ditanggapi Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya.

(KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)
Insiden bentrokan di Jalan Pancoran Buntu II, Jakarta Selatan, Rabu (17/3/2021) ditanggapi Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya. Foto: Polisi menembakkan gas air mata ke arah kelompok massa yang terlibat tawuran di Jalan Pancoran Raya, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/3/2021) sekitar pukul 23.04 WIB. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Insiden bentrokan di Jalan Pancoran Buntu II, Jakarta Selatan, Rabu (17/3/2021) ditanggapi Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya.

Disebut Ombudsman, bentrokan terjadi antara warga dengan pihak BUMN yakni Pertamina yang memanfaatkan ormas untuk mengamankan aset mereka.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P Nugroho.

Teguh mengatakan, jika tujuannya adalah mengamankan aset, Pertamina harusnya melihat sisi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: Redam Perselisihan Soal Lahan PT Pertamina dengan Warga Pancoran, Pemprov DKI Bakal Cari Solusi

Polemik Sengketa Lahan Warga Pancoran dengan PT Pertamina Persero, Ini Kata Wagub DKI Jakarta Ariza

Bentrokan Berdarah Masalah Lahan di Pancoran, Pasar Minggu Jaksel, Begini Penjelasan Pertamina 

Pertamina juga seharusnya tak menggunakan tenaga ormas yang sama sekali nihil diskresi lakukan pengamanan terlebih dengan kekerasan.

"Jika tujuannya pengamanan maka Pertamina harusnya merujuk pada Tupoksi Polri yang salah satunya adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas)"

"dan tidak mempergunakan tenaga ormas yang sama sekali tidak memiliki diskresi untuk melakukan tindak pengamanan apalagi dengan kekerasan," kata Teguh kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Lebih lanjut, Ombudsman meminta Kementerian BUMN mendalami keterkaitan Pertamina dengan ormas tersebut.

Dua kelompok massa terlibat bentrok di Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/3/2021) malam. (Istimewa)

Seperti, bagaimana pola hubungan kerjasama mereka, dan sumber pendanaan atas kesepakatan antar kedua pihak.

Halaman
1234
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved