Breaking News:

Anies: Alhamdulillah Banyak Warga yang Sudah Kembali ke Rumah

Anies mengatakan, fasilitas kebutuhan pangan dari petugas juga masih disiapkan, sehingga masyarakat masih punya tempat berteduh.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
karyawan atau pegawai cafe dan restoran di Kemang, Jakarta Selatan, tampak melakukan bersih-bersih, Minggu (21/2/2021) sore, seteleh sehari sebelumnya sempat terendam banjir hingga 2 meter. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Ribuan warga yang mengungsi akibat banjir di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan telah kembali ke rumahnya pada Senin (22/2/2021).  Meski demikian, tenda-tenda yang didirikan petugas tidak akan dibongkar untuk mengantisipasi bila terjadi banjir susulan.

"Alhamdulillah sampai pagi ini tenda pengungsian masih ada, tetapi pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing fasilitas tenda masih tetap disiapkan," kata Anies di Balai Kota DKI pada Senin (22/2/2021).

Anies mengatakan, fasilitas kebutuhan pangan dari petugas juga masih disiapkan, sehingga masyarakat masih punya tempat berteduh. "Jadi sambil semua kerja bakti untuk membersihkan tempat yang terdampak oleh banjir, fasilitasnya tetap berada di sana," ujar Anies.

Anies juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI-Polri, PMI dan sejumlah organisasi kemasyarakatan yang membantu pemerintah daerah mengevakuasi dan menyiapkan kebutuhan para pengungsi.

Baca juga: Bupati Bogor Ade Yasin Minta Warga Kabupaten Bogor Berikan Keterangan yang Benar ke Petugas BKKBN

Baca juga: Pemkot Bogor Raih Penghargaan Menteri Lingkungan Hidup Lantaran Berhasil Kurangi Sampah 16,2 Persen

Anies bersama jajaran aparatur di Pemprov DKI terus bersiaga karena ramalan cuaca dari BMKG menyampaikan bahwa Pulau Jawa khususnya di kawasan pesisir utara masih memiliki risiko curah hujan ekstrem.

"Ini seperti yang kita alami hari Sabtu (20/2/2021) dan Minggu (21/2/2021) kemarin persiapan kami sebelum memasuki musim hujan alhamdulillah menunjukan tanda-tanda pelaksanaan yang baik. Curah hujan ekstrem dalam waktu satu hari semuanya sudah bisa tertangani dengan baik," imbuhnya.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran. Insya Allah di pekan-pekan ke depan kita akan tingkatkan kinerjanya, sehingga curah hujan yang turun di kawasan Jabodetabek khususnya Jakarta bisa menjadi rahmat. Dan kami kurangi sesedikit mungkin dampaknya bila ada curah hujan yang ekstrem," lanjutnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, banjir yang melanda wilayah Jakarta pada Sabtu (20/1/2021) bukan hanya karena hujan deras, tapi juga adanya kiriman dari Bogor dan Kota Depok, Jawa Barat. Tercatat ada 1.380 pengungsi akibat banjir yang terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini sempat mengklaim, banjir di Jakarta bakal surut selama enam jam. Namun Anies memandang, upaya ini perlu didukung dengan debit air di kali dan sungai yang kembali normal.

Baca juga: Turap Saluran Penghubung Longsor, Akses Jalan Vital Yang Dilalui Banyak Warga Beberapa RT Terputus

Baca juga: DPRD Kota Depok Naikkan Insentif dan Tetapkan Masa Jabatan RT, RW, LPM 5 Tahun dan Hanya 2 Periode

"Kami targetkan enam jam (banjir surut) sesudah air di sungai kembali normal, atau enam jam sesudah hujannya berhenti. Nah yang terjadi adalah hujannya berhenti tapi aliran dari hulu masih jalan terus, sehingga di situlah menjadi kendala tersendiri," kata Anies saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/2/2021).

Anies menungkapkan, banjir di Jakarta akan lebih cepat surut apabila debit air di kali/sungai kembali normal dan hujan berhenti. Namun bila keduanya tidak berjalan beriringan, tentu banjir di Jakarta akan semakin lama surut.

"Di catatan bahwa air kiriman dari kawasan hulu (Bogor) dan kawasan tengah (Depok) itu sekarang dalam perjalanan ke Jakarta. Dalam perjalanan ke Jakarta itu tentu akan berdampak pada kawasan-kawasan yang ada di sekitarnya," ujar Anies

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved