Imlek 2572

Perajin Barongsai Sesali Pandemi Virus Corona, Imlek 2572 Sepi Pesanan

Perajin barongsai di Kota Tangerang bersedih. Akibat pandemi virus corona, tidak ada pesanan yang masuk.

Editor: Valentino Verry
Dokumentasi Mall of Indonesia
Ilustrasi atraksi barongsai. Perajin barongsai bersedih pada perayaan Imlek 2572 karena sepi pesanan, akibat pandemi virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Perajin barongsai di Kota Tangerang bersedih. Akibat pandemi virus corona, tidak ada pesanan yang masuk.

Trissye Handayanah, salah satu perajin barongsai di Kota Tangerang, mengatakan pihaknya menerima pesanan pembuatan barongsai terakhir pada Februari 2020, sebelum muncul kasus Covid-19 di Indonesia.

"Terakhir Februari (2020) tepat sebelum Tahun Baru Imlek. Beberapa saat setelah itu kan udah ada pandemi," ujar Trissye, Minggu (14/2/2021).

Menurutnya, larangan tak boleh ada perayaan Imlek secara meriah dan atraksi barongsai di mall, membuat tak ada komunitas atau klenteng yang mengadakan pertunjukkan barongsai.

Sehingga, komunitas atau klenteng tersebut tidak memesan set barongsai miliknya, seperti sebelum pandemi.

"Jadi, ya, saya dan tim di sini enggak buat barongsai lagi sejak Maret tahun lalu," tutur perempuan yang juga ketua komunitas tari barongsai itu.

Akan tetapi, Trissye mengaku bahwa dia masih memiliki sisa stok set barongsai hasil produksi tahun lalu.

"Ada beberapa orang atau komunitas yang masih beli satu set barongsai dari saya. Ya saya ngabisin stok aja," tuturnya.

Meski demikian, Trissye mengaku bahwa tiga orang karyawannya tidak diberhentikan walau tidak adanya pesanan selama setahun ini.

Sebab, masing-masing karyawan memiliki pekerjaan lain selain menjadi perajin barongsai.

"Terlepas mereka hobi ngebuat barongsai, mereka punya pekerjaan tetap juga. Jadi, mereka enggak saya berhentikan," ujarnya.
Selama ini, perayaan Tahun Baru Imlek identik dengan atraksi barongsai.

Alunan musik yang megah dan lincahnya para penari dengan kostum singa menghadirkan nuansa ceria dalam menyambut perayaan Imlek, khususnya di Nusantara.

Meriahnya perayaan Tahun Baru Imlek yang lengkap dengan atraksi barongsai tidak lepas dari lika-liku perjuangan etnis Tionghoa dan para pegiat untuk menjaga eksistensinya.

Dewan Pakar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Azmi Abubakar, menjelaskan barongsai menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya dan perayaan bagi entis Tionghoa, termasuk saat Tahun Baru Imlek.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved