Breaking News:

UMKM

Biznis.id, Solusi Tingkatkan Skill UMKM dari dan di Mana Saja, Ini Daftar Mentor dan Materinya

Biznis.id hadir sebagai solusi yang dapat memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis bagi para UMKM terutama di tengah pandemi.

Istimewa
Founder Biznis.id Baskorohadi Sukatmo. Biznis.id mengajak UMKM Indonesia mengasah kemampuan dan membekali diri dengan pengetahuan bisnis melalui platform Biznis.id sehingga memiliki bisnis yang dapat tumbuh berkesinambungan dan menguntungkan. 

Solusi dari Biznis.id berupa pembelajaran bisnis melalui platform digital dan disampaikan oleh para praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jumlah UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 64 juta berdasarkan data dari Kemenkop UKM tahun 2018.

Jika dikembangkan secara profesional, UMKM Indonesia dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia.

Biznis.id hadir sebagai solusi yang dapat memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis bagi para UMKM di tengah perkembangan teknologi saat ini.

Hal ini agar UMKM di Indonesia lebih berdaya dan handal sehingga memiliki peluang untuk berkembang dan memiliki bisnis yang profitable dan sustainable.

Solusi dari Biznis.id berupa pembelajaran bisnis melalui platform digital dan disampaikan oleh para praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

Baca juga: Salurkan Rp 2 Triliun Lebih pada 2020, KSP Sahabat Mitra Sejati Siap Dukung Pulihkan Kinerja UMKM

Baca juga: Pandemi Covid-19 Pukul Telak Bisnis UMKM Kuliner, Jalur e-Commerce Jadi Alternatif Pemasaran

Founder Biznis.id Budi Satria Isman
Founder Biznis.id Budi Satria Isman (Istimewa)

Potensi UMKM

Founder Biznis.id Budi Satria Isman mengatakan, potensi UMKM di Indonesia sangat prospektif, terutama dilihat dari jumlah yang sangat besar.

Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

"Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha," tuturnya, dalam siaran resmi Kamis (28/1/2021).

Baca juga: Pengadilan Niaga Tolak Gugatan Pailit Dua Mantan Tenaga Pemasar PT AIA Financial, Ini Alasannya

Baca juga: Webinar Pendidikan Gizi Seimbang dan Diet Rendah Garam, Kontribusi Ajinomoto di Hari Gizi Nasional

Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1% dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved