Breaking News:

PSBB Jakarta

Odin Cafe Terbukti Langgar Instruksi Anies, Dinas Parekraf Lempar Pencabutan Izin ke Satpol PP DKI

Terbukti Langgar Instruksi Anies, Dinas Parekraf Lempar Pencabutan Izin Odin Cafe ke Satpol PP DKI. Akui Tak Miliki Kewenangan Cabut Izin Usaha

Istimewa/Dok Satpol PP DKI Jakarta
Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin memasang stiker segel di Odin Cafe, Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (23/1/2021) dini hari. Kafe itu melanggar protokol kesehatan karena beroperasi sampai pukul 23.00 WIB, sedangkan batas waktu pukul operasional 19.00 WIB. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Walau Odin Cafe terbukti melanggar instruksi Gubernur DKI Jakarta terkait penerapan protokol kesehatan serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta mengaku tidak bisa berbuat banyak.

Instansi yang membina sekaligus mengawasi langsung sektor pariwisata di wilayah Ibu Kota itu tidak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan surat rekomendasi penutupan permanen Odin Cafe.

Pasalnya, kewenangan untuk mengeluarkan surat rekomendasi pencabutan izin usaha pariwisata dipegang oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian pada Dinas Parekraf DKI Jakarta, Iffan.

Hal tersebut dipaparkannya mengacu Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019.

Dalam pasal 28 para pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab rumah makan, kafe dapat dikenakan sanksi administratif bila melanggar prokes.

“Jadi mereka dapat dikenakan sanksi teguran tertulis, denda administratif, pembubaran kegiatan, penghentian sementara, pembekuan izin dan pencabutan izin yang dilakukan oleh Satpol PP,” kata Iffan pada Senin (25/1/2021).

Meski tak memiliki kewenangan, namun Iffan tetap berkoordinasi dengan Satpol PP terkait sanksi kepada Odin Cafe.

Sampai sekarang Dinas Parekraf DKI Jakarta juga belum mendapat tembusan dari Satpol PP terkait hasil berita acara pemeriksaan (BAP) pelanggaran prokes di Odin Cafe.

Baca juga: Mabuk Berat, Dua Anggota Kelompok Yani Kei Aniaya Anggota FBR yang Tertidur Lelap hingga Tewas

“Kami sudah koordinasi dan tinggal menunggu saja untuk hasil BAP arahannya bagaimana. Tapi kami hari ini mengirimkan peringatan kedua dulu kepada Odin Cafe, untuk peringatan pertama nanti saya cek dulu datanya,” ujar Iffan.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved