Kesaktian Pancasila

Link Live Streaming Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 Mulai Pukul 08.00 WIB

Hari ini peringatan Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020) yang akan disiarkan langsung secara streaming mulai pukul 08.00 WIB

Youtube
Link Live Streaming Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Hari ini peringatan Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020) yang akan disiarkan langsung secara streaming mulai pukul 08.00 WIB.

Karena masih pandemi Covid-19 maka upacara dilakukan lewat online. 

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 86491/MPK.F/TU/2020 tentang penyelenggaran upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020.

Dalam SE yang terbit tanggal 28 September 2020 itu disebutkan, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, penyelenggaraan upacara dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Momentum Hari Kesaktian Pancasila, Yayasan Rumah Belajar Papua Hei Dukung Pembangunan SDM

VIDEO: Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Lubang Buaya

Dalam lampiran yang bisa diunduh di situs Kemdikbud, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu bertema 'Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila'.

Upacara bakal digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di Monumen Pancasila Sakti.

Jokowi akan menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila besok.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, mengapresiasi hadirnya pahlawan kemanusiaan yang turut meringankan beban rakyat akibat pandemi Covid-19.

Mereka adalah para tenaga medis, relawan mahasiswa, para pemimpin di sektor pemerintahan dan swasta, para pemuka agama, seniman se-Indonesia, pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, serta seluruh stakeholder pendidikan dan kebudayaan yang berjuang dengan kemampuannya masing-masing.

Lettu Pierre Tendean Londo Jowo Ajudan Jendral AH Nasution yang Luluh Sama Ade Irma Suryani

Mengenang Ahmad Yani Korban G30S PKI Lewat Museum Sasmitaloka, Masih Ada Baju Kena Darah

Berdasarkan sejarah, Hari Kesaktian Pancasila tidak bisa dilepaskan dari peristiwa kelam 30 September 1965.

Di mana peristiwa kelam itu, menewaskan 6 jenderal perwira tinggi dan 1 jenderal perwira tengah yang dibunuh secara misterius.

Pada era orde baru saat Presiden Soeharto memimpin bangsa ini, ia menetapkan Hari Kesaktian Pancasila pada setiap tanggal 1 Oktober.

Sama pada tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan melakukan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved