Breaking News:

Virus Corona

Ditugaskan Jokowi, Luhut dan Doni Monardo Wajib Pastikan 9 Provinsi Termasuk Jakarta Terapkan PSBM

Wiku berharap para kepala daerah di sembilan provinsi tersebut dapat bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Biro Pers Setpres/Lukas
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Presiden Jokowi memerintahkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Kepala BNPB Doni Monardo, mengawal PSBM di 9 provinsi yang penyebaran Covid-19-nya masih sangat tinggi.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) diterapkan berdasarkan Inpres 6/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-2019.

"Memang Presiden menugaskan Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 ini dan Pemulihan Ekonomi Nasional Bapak Luhut Binsar Pandjaitan."

KPK Hasilkan Rp 90,5 Triliun dalam Enam Bulan, Komisi III DPR Setujui Tambahan Anggaran Rp 1,8 T

"Serta Ketua Satgas Covid-19 Bapak Doni Monardo untuk betul-betul mengawal arahan ini (PSBM)," kata Wiku di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

PSBM yang dimaksud adalah apabila ada klaster-klaster Covid-19 yang ruang lingkupnya kecil, maka dapat dilakukan pengendalian langsung.

Sehingga, tidak perlu melakukan PSBB satu kota atau kabupaten.

Tak Kunjung Dapat Kerja, Dua Pemuda Asal Palembang Lakukan Aksi Ganjal ATM di Cikarang Barat

"Apabila ada klaster atau sekumpulan kasus yang teridentifikasi pada wilayah-wilayah yang lebih kecil daripada kabupaten/kota."

"Misalnya di sebuah kecamatan atau di kelurahan atau bahkan di RW tertentu, maka itu bisa dilakukan pengendalian langsung pada daerah itu."

"Sehingga tidak terjadi mobilitas penduduk ke daerah lainnya, dan penanganannya bisa fokus pada daerah komunitas tersebut," tuturnya.

Polisi Tidak Bermasker Terciduk Netizen, Dirlantas Polda Mtero Jaya Pastikan Bakal Ditindak

Wiku berharap para kepala daerah di sembilan provinsi tersebut dapat bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved