Breaking News:

Berita Nasiional

Ketua Presidium KWI Kardinal Suharyo Beri Apresiasi atas Proses Seleksi Dirjen Bimas Katolik

Kardinal Suharyo menyampaikan harapan besar kepada Ditjen Bimas Katolik untuk berkarya demi mencapai kebaikan bersama

dokpri
Kardinal Ignatius Suharyo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama yang baru dilantik, Yohanes Bayu Samodro, mengadakan pertemuan dengan Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Kardinal Suharyo.

Pertemuan mengambil tempat di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Jl Katedral no 7, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Agustus 2020, sehari setelah Yohanes Bayu Samodro dilantik sebagai Dirjen Bimas Katolik oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Dalam pertemuan tersebut Bayu didampingi oleh Sekretaris Dirjen Bimas Katolik: Aloma Sarumaha, Direktur Pendidikan Katolik: Agustinus Tungga Gempa, dan Direktur Urusan Agama Katolik : Albertus Triatmodjo.

Sedangkan Mgr Ignatius Kardinal Suharyo didampingi beberapa imam dan awam yang selama ini berkarya di Keuskupan Agung Jakarta maupun KWI.

Mewakili Gereja Katolik Indonesia, Kardinal Suharyo menyampaikan apresiasi atas proses seleksi jabatan Dirjen Bimas Katolik yang dilakukan secara terbuka, sehingga memberi kesempatan seluas-luasnya bagi umat Katolik untuk ikut melayani Gereja di sektor pemerintahan.

DIrjen Bimas Katolik Kemenag Yohanes Bayu Samodro (kanan) bersama Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Kardinal Suharyo (kedua dari kanan), bersama imam dan awam, dalam pertemuan di kantor Keuskupan Agung Jakarta, Selasa, 11 Agustus 2020.
DIrjen Bimas Katolik Kemenag Yohanes Bayu Samodro (kanan) bersama Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Kardinal Suharyo (kedua dari kanan), bersama imam dan awam, dalam pertemuan di kantor Keuskupan Agung Jakarta, Selasa, 11 Agustus 2020. (Dok Sekretariat KWI)

Kardinal Suharyo juga menyampaikan selamat kepada Yohanes Bayu Samodro sebagai Dirjen Bimas Katolik, sekaligus mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Aloma Sarumaha, Sekretaris Dirjen Bimas Katolik, yang dalam 5 bulan terakhir ini telah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik.

Dalam arahannya, sebagaimana keterangan pers dari KWI, Rabu, 12 Agustus 2020, Kardinal Suharyo menyampaikan harapan besar kepada Ditjen Bimas Katolik untuk berkarya demi mencapai kebaikan bersama.

Kebaikan bersama ini dirumuskan dalam nota pastoral sejak tahun 2004 yaitu Pancasila sebagai keadilan sosial; keadaban publik sebagai bangsa menuju habitus baru.

Dalam pertemuan tersebut KWI dan kalangan awam Katolik berharap ada kerja sama yang lebih baik antara Ditjen Bimas Katolik dengan Gereja dan umat.

Dalam hal ini, misalnya, perlunya jaringan kerja dengan seluruh ormas Katolik, karena ormas-ormas Katolik dipandang memiliki jejaring yang beririsan langsung dengan komponen masyarakat di luar Gereja.

Yang tidak kalah pentingnya agar anggaran Ditjen Bimas Katolik diperjuangkan untuk ditingkatkan dengan cara membuat kegiatan yang kreatif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pertemuan yang sangat cair ini mau mengisyaratkan bahwa hubungan sinergi antara Gereja Katolik dan Pemerintah RI menjadi prasyarat mutlak untuk mendorong agar umat Katolik semakin percaya diri menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI.

Penulis:
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved