Ledakan di Beirut

Ledakan di Beirut Diduga Dipicu Zat Amonium Nitrat, Prof Mudasir: Aman Jika Tak Terkontaminasi

Amonium nitrat, bahan kimia yang diduga menyebabkan ledakan masif di Beirut, Lebanon, dinilai aman apabila penyimpanannya aman.

Kolase Twitter @borzou dan Instagram marchisiocla8
Pemandangan saat terjadi ledakan dahsyat di Beirut Lebanon dan sesudah terjadi ledakan. Ribuan orang dilaporkan terluka dan puluhan korban tewas. 

WARTAKOTALIVE.COM -- Ledakan di Beirut, Lebanon, diduga dipicu oleh zat kimia amonium nitrat yang tersimpan di gudang pelabuhan.

Amonium nitrat adalah zat yang tidak berbahaya dan sulit meledak apabila disimpan dengan baik dan terisolasi.

Amonium nitrat, bahan kimia yang diduga menyebabkan ledakan masif di Beirut, Lebanon, dinilai aman apabila penyimpanannya aman.

Jika terkontaminasi bahan lain, minyak misalnya, zat ini dapat menimbulkan ledakan yang dahsyat.

Bahan ini juga berguna untuk pembuatan pupuk nitrogen.

Trump Sebut Ledakan di Beirut Merupakan Serangan Bom Bukan Faktor Zat Kimia Amonium Nitrat, Kok Bisa

Dubes RI di Lebanon Hajriyanto Y Thohari : Ada 1.447 WNI di Beirut Dalam Kondisi Aman

Pengajar Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada, Prof Mudasir, mengatakan, sebenarnya amonium nitrat adalah zat yang tidak berbahaya dan sulit meledak apabila disimpan dengan baik dan terisolasi dari zat-zat lain.

Ledakan dasyat di Kota Beirut, Lebanon tampak kepulan asap merah seperti bom nuklir
Ledakan dasyat di Kota Beirut, Lebanon tampak kepulan asap merah seperti bom nuklir (Triangle news via dailymail.co.uk)

Namun, apabila terkontaminasi, amonium nitrat sangat mudah terurai menghasilkan gas nitrogen oksida dan gas amonia yang dapat menghasilkan ledakan yang dahsyat.

”Ciri khas ledakan di Beirut yang menghasilkan asap merah kecoklatan menunjukkan terbentuknya gas nitrogen oksida,” katanya saat dihubungi dari Jakarta pada Rabu (5/8/2020).

Prof Mudasir mengatakan, meski asap merah kecoklatan tersebut akan terlihat cepat hilang, dalam waktu dekat akan terjadi hujan asam di sekitar tempat ledakan yang berbahaya bagi lingkungan.

VIDEO Detik-detik Ledakan di Beirut yang Telah Menewaskan 73 Orang dan Ribuan Luka Sumber Aljazeera

Ia menduga bahwa hal yang memicu ledakan di Beirut adalah cara penyimpanan yang tidak benar. ”Amonium nitrat dapat terkontaminasi zat lain, misalnya bahan bakar atau minyak. Suhu yang tinggi di musim panas juga dapat memicu terjadinya ledakan,” kata Mudasir.

Amonium nitrat sebenarnya zat yang sangat bermanfaat di bidang pertanian karena merupakan bahan dasar utama dalam pembuatan pupuk nitrogen.

Pupuk hingga bom

Namun, di sisi lain, zat ini juga digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan bahan peledak. Biasanya digunakan dalam bidang pertambangan.

Mudasir mengatakan, di beberapa negara penggunaan amonium nitrat sebagai bahan dasar pupuk telah dihentikan karena mudah disalahgunakan untuk kepentingan yang lain seperti terorisme.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved