Breaking News:

Kesehatan

Rapid Test dan Swab Test Covid-19 untuk Pasien Kanker Anak, Simak Penjelasan dan Prosedurnya

Setidaknya setiap tahun ditemukan 14.000 kasus baru kanker pada anak di Indonesia dan 650 di antara kasus baru per tahun ada di Jakarta.

Shutterstock/Engagestock
ILUSTRASI Pasien kanker anak. Rapid test dan swab test Covid-19 untuk pasien kanker anak dilakukan sama dengan anak-anak atau orang dewasa pada umumnya. Namun, ada hal yang harus diperhatikan mengingat daya tahan tubuh pasien kanker anak sudah sangat rendah. 

“Di RSK Dharmais sudah rutin dilakukan skrining tes cepat maupun PCR, pada pasien rawat inap maupun rawat jalan. Pelayanan Rapid test dibuka 24 jam, sedangkan tes PCR hanya di hari kerja...”

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Merawat anak dengan penyakit kronis dan mematikan seperti kanker sangat tidak mudah. Apalagi di masa Covid-19 seperti yang telah berlangsung tiga empat bulan ini.

Menurut catatan, setidaknya setiap tahun ditemukan 14.000 kasus baru kanker pada anak di Indonesia dan 650 di antara kasus baru per tahun ada di Jakarta.

Dan, sebagian besar berasal dari keluarga tidak mampu.

Berlanjut, Kolaborasi Tanoto Foundation dan Alive & Thrive demi Perbaikan Gizi Anak Indonesia

Kanker Anak Punya Peluang Sembuh Lebih Besar

Ketua Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) Rahmi Adi Tahir menjelaskan, sebelum pandemi, daya tahan tubuh anak dengan kanker pun sudah sangat lemah.

“Apalagi selama pandemi ini, para orang tua tentu merasakan kekhawatiran yang lebih tinggi dan harus lebih waspada dari risiko tertular infeksi, termasuk Covid-19,” jelas Rahmi dalam Webinar yang diselenggarakan YOAI, Sabtu, 18 Juli 2020.

Menurut Rahmi, banyak pertanyaan dari orang tua pasien kanker anak yang ditujukan ke YOAI tentang rapid test dan swab test untuk pasien kanker anak.

Lalu, bagaimana prosedur rapid test maupun swab test Covid-19 untuk pasien kanker anak?

Si Kecil Alergi Susu Sapi, Ini Konten Edukasi Digital Seputar Alergi dari SGM Eksplor Advance+ Soya

Sama dengan tes untuk umum

Dr Haridini Intan Mahdi SpA(K) Konsultan Hematologi Onkologi Anak dari RS Kanker Dharmais menjelaskan, secara umum pemeriksaan rapid test maupun swab test pada anak penderita kanker, sama saja dengan anak-anak maupun orang dewasa pada umumnya.

Menurut dokter yang biasa disapa dr Tanti ini, di RS Kanker Dharmais di mana banyak pasien kanker anak dari seluruh Indonesia dirawat, ada dua jenis tes Covid-19 yang rutin dikerjakan untuk seluruh pasien.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved