Kesehatan

Abbott Mulai Datangkan Alat Tes Antibodi Covid-19 Berbasis Lab yang Andal ke Tanah Air

Alat ini untuk mendeteksi antibodi IgG, yang berguna dalam mengidentifikasi apakah seseorang telah dan pernah terpapar virus corona (Covid-19).

Dok. Abbott
Tes IgG SARS-CoV-2 Abbott mengidentifikasi antibodi IgG, yang merupakan protein yang diproduksi tubuh pada tahap akhir infeksi dan dapat bertahan hingga berbulan-bulan dan mungkin bertahun-tahun setelah seseorang pulih dari penyakit, termasuk penyakit covid-19. 

Tes darah antibodi terbaru buatan Eropa tersebut akan dilakukan pada instrumen laboratorium ARCHITECT® i1000SR dan i2000SR milik Abbott.

"Kami telah memvalidasi alat tes Abbott ini, sensitivitas dan spesifisitasnya yang tinggi dapat kami gunakan untuk mendukung optimalisasi strategi penyaringan (screening) kami, untuk mengatasi pandemi Covid-19 secara efektif..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Abbott telah memulai pengiriman alat tes IgG SARS-CoV-2 ke Indonesia dan tengah menyiapkan ratusan ribu alat tes tersebut dalam beberapa bulan mendatang untuk memenuhi kebutuhan.

Hal itu dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Satuan Tugas COVID-19 Indonesia.

Alat tes yang juga telah memperoleh Otorisasi Penggunaan Darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) ini memberikan opsi pengujian antibodi skala besar yang dapat diandalkan.

Kabar Baik, Kalbe Farma Kembangkan Jamur Cordyceps untuk Perlindungan Awal Covid-19, Simak Ini

Tes antibodi dapat memberitahu apakah seseorang sebelumnya sudah pernah terinfeksi virus dan mungkin tengah berada pada proses pemulihan atau bahkan telah pulih dari infeksi tersebut, pada orang dengan atau tanpa gejala Covid-19.

Seperti dipaparkan dalam pernyataan tertulis Abbott kepada Wartakotalive.com, Senin (29/6/2020), tes antibodi berskala besar dianggap sebagai langkah penting selanjutnya untuk memahami dan mengatasi pandemi Covid-19.

Tes antibodi akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang virus, termasuk berapa lama antibodi berada di dalam tubuh, berapa banyak orang telah terinfeksi, dan bagaimana perubahan ini terjadi dari waktu ke waktu.

Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Basuki Tjahaja Purnama Lelang Baju Batik Bersejarah

Pengetahuan tersebut dapat membantu mendukung pengembangan pengobatan serta vaksin.

Dr Dewi Yennita Sari, Kepala Laboratorium Rumah Sakit Nasional Persahabatan mengatakan, “Ketersediaan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott di Indonesia ini tepat waktu."

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved