Kilas Balik

Ternyata Sri Sultan HB IX yang Menjadi PNS Pertama di Indonesia, Ini Bukti Sejarahnya

Banyak yang tak tahu jika orang pertama yang menjadi PNS pertama di Indonesia adalah sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Raja Keraton Yogyakarta.

TribunStyle.com
Kartu PNS Sri Sultan HB IX Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Sebelum Indonesia Merdeka, Inilah Sosok PNS Pertama di Nusantara, Dikenal Pria Baik Hati & Terhormat, https://bali.tribunnews.com/2020/06/20/sebelum-indonesia-merdeka-inilah-sosok-pns-pertama-di-nusantara-dikenal-pria-baik-hati-terhormat?page=all. Editor: Ady Sucipto 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH - Ketika sejumlah orang mengikuti tes masuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di sejumlah departemen, terbetik di pikiran siapakah PNS pertama di Indonesia?

Seperti Wartakotalive.com kutip dari artikel Tribun Bali berjudul Sebelum Indonesia Merdeka, Inilah Sosok PNS Pertama di Nusantara, Dikenal Pria Baik Hati & Terhormat, banyak yang tak tahu jika orang pertama yang menjadi PNS pertama di Indonesia adalah sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Raja Keraton Yogyakarta. 

Sejarah mencatat, Sri Sultan HB IX yang merupakan sosok disegani dan dihormati ini menjadi PNS pertama di Indonesia yang memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) 010000001.

Kartu PNS Sri Sultan HB IX
Kartu PNS Sri Sultan HB IX (dok.Istimewa)

Tahun 1940

Dilansir dari Kompas.com, Sri Sultan Hamengkubuwono IX tercatat memiliki kartu PNS pada tahun 1940.

Ia diangkat oleh Alm AE Manihuruk sebagai PNS pertama di Indonesia.

AE Manihuruk merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang saat itu statusnya bukan PNS, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari Pejuang, Tentara atau Politikus.

Sri Sultan HB IX mendapat NIP : 010000001.

Hal itu dibenarkan oleh Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, Senin (16/12/2019).

"Iya benar PNS pertama. Ini fotocopy kartu PNS Beliau (Sri Sultan HB IX)," ujar KRT Jatiningrat.

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved