Breaking News:

Virus Corona

KABAR Gembira, Indonesia Siap Ikut Produksi Vaksin Covid-19 Bersama ASEAN dan China

Indonesia siap untuk turut serta dalam produksi gabungan vaksin Covid-19 bersama dengan ASEAN dan China, jika formula vaksin yang tepat ditemukan.

ANTARA/ Yashinta
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Jose Tavares dalam acara Jakarta Forum daring yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (29/5/2020).(ANTARA/ Yashinta) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seluruh dunia kini tengah menunggu ditemukan dan diproduksinya vaksin Covid-19 secara massal.

Karena hanya dengan ditemukan dan diproduksinya vaksin Covid-19 secara massal, wabah virus corona dapat ditekan, atau bahkan dihentikan.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Jose Tavares menyatakan, Indonesia siap untuk turut serta dalam produksi gabungan vaksin Covid-19 bersama dengan ASEAN dan China, jika formula vaksin yang tepat telah ditemukan.

"Kami (ASEAN) terbuka dengan kemungkinan produksi gabungan obat atau vaksin Covid-19 begitu formulanya ditemukan. Indonesia, dalam hal ini, juga siap bergabung dalam produksi bersama tersebut," kata Jose dalam Jakarta Forum daring yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (29/5/2020).

Hal itu, tambah Jose, dilakukan demi menopang pembuatan obat-obatan atau vaksin secara massal agar dapat tersedia dan terjangkau bagi semua masyarakat di kawasan, bahkan di luar kawasan.

 Anies Sebut Penyebaran Covid-19 di Jakarta Semakin Rendah Setelah DKI Keluarkan Kebijakan Ini

 Mirip Akademi Militer, Akademi Demokrat Sudah Lantik Lulusan Pertamanya, Langsung Dinas di DPR RI

 MANTAN Ketua KPK Abraham Samad Serang Kebijakan Jokowi Naikkan BPJS: Lain Gatal Lain Digaruk

Lebih lanjut, Jose menjelaskan, dua skenario yang menurutnya mungkin terjadi di tengah pandemi yang sedang berlangsung saat ini.

Pertama, skenario terbaik yang mungkin adalah para ilmuwan berhasil menemukan obat atau vaksin untuk penyakit infeksi virus corona tersebut pada tahun ini dalam beberapa bulan ke depan, yang kemudian diharapkan akan dapat diakses oleh masyarakat.

"Kuncinya adalah kita dapat mengendalikan wabah ini, sehingga semua hal yang sudah direncanakan sebelumnya dapat dilaksanakan tanpa terkendala wabah," ujar Jose.

Jose menambahkan bahwa meskipun begitu mungkin tetap perlu kelaziman baru karena proses produksi vaksin secara massal akan memakan waktu.

 Pertama Kalinya Sejak PSBB, Bima Arya Salat Jumat Berjamaah di Masjid Baitur Ridwan Kota Bogor

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved