Virus Corona

PSBB DKI Jakarta, PT KAI Daop 1 Hanya Operasikan Tujuh KA Jarak Jauh Selama Dua Pekan Mendatang

PSBB DKI Jakarta, PT KAI Daop 1 Hanya Operasikan Tujuh KA Jarak Jauh Selama Dua Pekan Mendatang. Berikut Jadwalnya

Editor: Dwi Rizki
KAI
Eva Chairunisa Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta 

Resmi diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSB) DKI Jakarta terhitung pada hari ini, Jumat (10/4/2020) hingga dua pekan mendatang secara langsung mengubah layanan transportasi di Ibu Kota. Termasuk layanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh yang hanya melayani sebanyak tujuh perjalanan per hari.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Keutusan pengurangan layanan tersebut diungkapkan Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa merujuk kebijakan PSBB DKI Jakarta.

Sehingga, terhitung mulai dari tanggal 10 April 2020 hingga 23 April 2020, pihaknya memberlakukan pengurangan jam operasional KA Jarak Jauh.

Jumlah layanan KA Jarak Jauh katanya hanya sebanyak tujuh perjalanan KA per hari, dari semula sebanyak 63 perjalanan KA, antara lain sebanyak 35 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 25 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan penyesuaian jam operasional Kereta Api (KA) yang keluar dan masuk wilayah DKI Jakarta," ungkap Eva Chairunisa lewat siaran tertulis pada Kamis (10/4/2020).

Kabar baik, Karyawan yang Kena PHK, Dirumahkan atau Gaji Tidak Penuh Bisa Daftar Kartu Prakerja

Sementara itu, alasan dilakukannya pengurangan waktu operasional, Eva Chairunisa mengaku bukan hanya dipicu PSBB.

Alasan pihaknya melakukan rekayasa perjalanan KA Jarak jauh dikarenakan adanya penurunan volume penumpang KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta.

Penurunan jumlah penumpang tersebut bahkan diungkapkannya anjlok hingga sekitar 80 persen dalam beberapa waktu belakangan.

Terkait rekayasa tersebut, calon penumpang KA yang telah memiliki tiket dan terdampak pada pengurangan perjalanan KA akan mendapatkan pengembalian biaya tiket penuh oleh KAI.

Informasi perjalanan KA dijelaskannya dapat diakses lewat saluran resmi milik PT KAI (Persero), di antaranya aplikasi KAI Access dan website resmi kai.id.

Banyak Anak Indonesia Tidak Bisa Akses Internet, Nadiem Makarim Dorong Belajar dari Rumah Lewat TVRI

Selain itu, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121.

Tidak lupa dirinya juga kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mengenakan masker, baik di stasiun maupun di atas KA.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada masyarakat dengan keperluan yang sangat mendesak dan harus melakukan perjalanan menggunakan KA agar memakai masker pada saat berada di stasiun dan di atas KA," jelasnya.

YLKI Ingatkan Masyarakat Diam Diri di Rumah Selama PSBB, Jangan Nyeleneh Seperti Ide Anies Soal Ojol

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved