Breaking News:

Kartu Prakerja

Kabar baik, Karyawan yang Kena PHK, Dirumahkan atau Gaji Tidak Penuh Bisa Daftar Kartu Prakerja

Kabar baik, Karyawan yang Kena PHK, Dirumahkan atau Gaji Tidak Penuh Bisa Daftar Kartu Prakerja. Berikut Caranya :

Editor: Dwi Rizki
setkab.go.id
Ilustrasi -- kartu prakerja 

Kabar baik disampaikan oleh pemerintah di tengah wabah virus corona. Seluruh karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan yang dirumahkan atau gaji yang tidak dibayarkan penuh bisa daftar Kartu Prakerja.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menyebar di DKI Jakarta dan daerah lainnya setelah adanya wabah Covid-19.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (5/4/2020), sebanyak 139.288 pekerja di Jakarta terkena PHK dan dirumahkan tanpa menerima upah (unpaid leave) akibat terdampak pandemi virus corona.

Di Bali, sekitar 400 pekerja di-PHK, sedangkan 17.000 orang karyawan dirumahkan.

Bahkan seperti dilansir dari Antara, sebanyak 848 pekerja dari 18 perusahaan di Kalimantan Tengah dirumahkan sementara waktu hingga di-PHK.

Pemerintah sendiri akan membuka pendaftaran kartu prakerja. Pendaftaran kartu prakerja yang semula dijadwalkan pada Kamis (9/4/2020), diundur menjadi Sabtu (11/4/2020).

Pendaftaran kartu prakerja

Lantas apakah para karyawan yang terkena PHK bisa mendaftar kartu prakerja?

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono menegaskan para karyawan yang terkena PHK dapat mendaftar kartu prakerja.

"Yang kena PHK, pekerja yang dirumahkan, tidak menerima upah/gaji penuh, dan pekerja harian yang terdampak usahanya bisa mendaftar program ini," ujarnya saat dihubungi Kompas.com (9/4/2020).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved