Pendidikan

Masyarakat dalam Disorientasi, Romo Magnis: Ini Peran Filsafat dan Teologi di Negara Pancasila

PERAN Filsafat dan Teologi sangatlah penting di Indonesia yang merupakan negara Pancasila.

Istimewa
Pemberian cindera mata berupa ulos kepada Prof Franz Magnis Suseno oleh Dekan Fakultas Filsafat UNIKA Santo Thomas Dr Gonti Simanullang usai Seminari Nasional bertajuk 'Menjadi Insan Filosofis, Pancasilais, dan Kristiani' di UNIKA Santo Thomas, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (7/3/2020). 

“Mengapa Pancasila itu crucial? Karena Pancasila adalah dasar bagi konsensus ratusan komunitas etnik, budaya, dan agama Nusantara untuk menjadi suatu Negara Indonesia, sebagai satu bangsa Indonesia...”

PERAN Filsafat dan Teologi sangatlah penting di Indonesia yang merupakan negara Pancasila.

Setidaknya, peran filosof dan teolog untuk ikut memberi orientasi kepada masyarakat yang berada dalam kebingungan orientasi di negara yang majemuk ini.  

Demikian disampaikan Prof Dr Franz Magnis Suseno dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Menjadi Insan Filosofis, Pancasilais, dan Kristiani’ yang digelar oleh Fakultas Filsafat UNIKA Santo Thomas Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (7/3/2020).

Franz Magnis Suseno Sebut Papua Tak Sama dengan Timtim, Minta OPM Hentikan Pendekatan Senjata

Romo Franz Magnis Suseno: Silakan Kritik Pemerintah, Tapi Jangan Pakai Hoaks

Franz Magnis Suseno: Indonesia Harus Kembali kepada Pancasila

“Filsafat dan Teologi menjadi bekal yang berguna untuk menghadapi segala macam tantangan ideologi serta kekacauan orientasi etis, politis, religius, budaya, tantangan mekanisme-mekanisme ekonomis, dan tantangan keadilan social,” ungkap Romo Magnis, panggilan akrab Franz Magnis Suseno.

Menurut dia, seluruh masyarakat kita saat ini berada dalam kebingungan besar dan mencari orientasi: orientasi etis, orientasi mutu hidup bersama, orientasi arti dan makna keadilan sosial, serta orientasi di antara nilai-nilai budaya kuno dan baru.

“Nah, peran filosof dan teolog itulah yang dipersiapkan agar dapat ikut memberi orientasi,” tuturnya, dalam seminari yang dimoderatori oleh Aleksander Naununu, Lic. Phil itu.

Gandeng Unika Musi Charitas dan PGU, Seminari Menengah St Paulus Palembang Gelar LDK

Seminari St Vincentius a Paulo Garum Belajar Creative Writing dan Speed Reading Bersama PGU

Kementerian PUPR Bangun Rusunawa untuk Seminari Menengah Lalian Atambua NTT  

Prof Dr Franz Magnis Suseno hadir sebagai narasumber dalam Seminari Nasional bertajuk 'Menjadi Insan Filosofis, Pancasilais, dan Kristiani' di UNIKA Santo Thomas, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (7/3/2020).
Prof Dr Franz Magnis Suseno hadir sebagai narasumber dalam Seminari Nasional bertajuk 'Menjadi Insan Filosofis, Pancasilais, dan Kristiani' di UNIKA Santo Thomas, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (7/3/2020). (Istimewa)

Mengapa Pancasila itu crucial?

Lebih lanjut tokoh nasional yang juga budayawan ini menjelaskan, Pancasila sebagai dasar filosofis etis Indonesia menawarkan kesempatan yang istimewa.

“Pancasila itu menawarkan kepada kita kesempatan untuk mengisi sila-sila itu sehingga semakin kondusif bagi suatu hidup bersama yang bermartabat,” kata Romo Magnis.

“Mengapa Pancasila itu crucial? Karena Pancasila adalah dasar bagi konsensus ratusan komunitas etnik, budaya, dan agama Nusantara untuk menjadi suatu Negara Indonesia, sebagai satu bangsa Indonesia,” tambahnya.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved