Travel

Menikmati Keheningan Ala Soe Hok Gie di Lembah Mandalawangi

Lembah Mandalawangi, merupakan alun-alun Gunung Pangrango. Aktivis Soe Hoek Gie kerap menghabiskan waktu di sana ketika sedang jenuh.

Menikmati Keheningan Ala Soe Hok Gie di Lembah Mandalawangi
Warta Kota
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 

Gunung Gede (2958 mdpl) dan Gunung Pangrango (3019 mdpl) menyimpan banyak rahasia keindahan. Di kedua gunung yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tersebut tersimpan ratusan spesies jenis satwa liar.

Sebagian adalah binatang langka yang terancam punah seperti Macan Tutul Sigung, Elang Jawa dan Lutung. Di gunung itu, ekologi hutan Indonesia bisa kita saksikan.

Tidak heran TNGGP menjadi tujuan masyarakat, utamanya pecinta alam untuk merasakan sensasi berada di kemolekan kedua gunung itu. Setiap akhir pekan, orang-orang dari Jakarta dan daerah lain, melakukan pendakian, mencapai puncak Gede-Pangrango. Salah satu jalur pendakian, melalui Cibodas.

Lutung-lutung sudah bermain di atas pohon pagi itu, di dekat gerbang pemeriksaan ijin pendakian TNGGP.

Dari pos itu perjalanan dimulai. Memasuki hutan tropis, jalan setapak terus menuntun para pendaki menuju ke dataran lebih tinggi.

Sekitar dua jam perjalanan, rute pendakian terbilang mudah. Terlebih, di sisi kanan dan kiri jalur pendakian terdapat pemandangan indah, termasuk adanya danau kecil yang dinamakan Telaga Biru, beberapa sungai serta jembatan di Rawa Gayang Agung.

Buntut Puluhan Siswa Seminari Bunda Segala Bangsa Dihukum Makan Kotoran Manusia, Dua Senior Dipecat

Curhat Nyesek Prilly Latuconsina Saat Cintanya Tak Terbalas

Dari jembatan ini, bisa disaksikan keperkasaan Gunung Pangrango.

Sekitar 2,5 jam perjalanan, sampailah di Pos Panyancangan Kuda. Di sini, ketinggian sudah 1628 mdpl.

Di pos itu terdapat pertigaan jalan, dimana satu jalur menuju air terjun Cibeureum. Dari pertigaan itu, dibutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di lokasi air terjun. Di sana terdapat beberapa air terjun yang sangat indah.

Curug Cidendeng merupakan air terjun utama dengan ketinggian sekitar 50 meter. Dua air terjun lainnya, Curug Cikundul dan Curug Ciwalen.

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Feryanto Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved