Tiga Pohon Kurma Misterius di Masjid Al Mukaromah Kampung Bandan

Masjid Al Mukaromah didirikan pada 1789 oleh Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri, seorang ulama yang berdakwah di Jakarta.

Tiga Pohon Kurma Misterius di Masjid Al Mukaromah Kampung Bandan
Tribun Jakarta/Gerald Leonardo
Masjid Al Mukaromah didirikan pada 1789 oleh Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri, seorang ulama yang berdakwah di Jakarta. 

Di mana letak Masjid Al Mukaromah di Kampung Bandan yang kondang dengan cerita sejarah penyebaran agama Islam di Batavia khususnya dan pulau Jawa pada umumnya?

Lebih mudah datang melalui Mangga Dua, belok kiri di pertigaan Ancol dan sekitar satu kilo kemudian Anda sudah sampai di Kampung Bandan. Masjid tersebut persisnya berada di Jalan Lodan Raya, di sisi utara jalan tol Pluit-Tanjungpriuk.

Bentuk bangunan khas abad 18 menjadikan masjid itu dengan mudah ditemukan. Hanya saja, letak masjid sangat berhimpit dengan Jalan Lodan Raya, karena lahan terus terkena proyek pelebaran jalan. Akibatnya, hanya sepeda motor milik jamaah saja yang bisa parkir di area masjid. Sementara, kendaraan roda empat parkir di tepian Jalan Lodan Raya.

Tiang-tiang rendah menyambut jamaah ketika baru masuk ke dalam masjid.

Di Balik Cerita Sejarah Masjid Angke Al-Anwar di Tambora Tak Bisa Lepas dari Nama Pangeran Ini

Sejarah Masjid Agung Al Jihad Ciputat Sempat Jaya dan Dikunjungi Tokoh Besar

Kepala Kasepuhan Citorek Jadi Penentu Kapan Mulai Menanam dan Memanen Padi

Sementara, masuk ke ruangan selanjutnya, terdapat beberapa makam dari para habib mulia yakni makam Habib Mohammad bin Umar Al-Qudsi (wafat pada 23 Muharram 1118 H), Habib Ali bin Abdurrahman Ba’ Alwi (wafat 15 Ramadhan 1122 H), dan Habib Abdurahman bin Alwi Asy-Syathri (wafat 18 Muharam 1326 H), pendiri masjid itu.

Makam ketiga habib  ditutup dengan gorden putih kombinasi kain hijau dengan lafaz arab di sekelilingnya. Sementara itu, satu makam lain juga ada di sana, yakni makam Habib Ali Bin Alwi bin Abdurrahmaa Asy-Syathri yang wafat pada Jumat 13 Agustus 2010.

Masyarakat sekitar serta para peziarah biasanya duduk mengelilingi makam. Mereka khusuk membacakan ayat suci Al-quran sekaligus mendoakan para habib, khususnya dua habib, Habib Mohammad bin Umar Al-Qudsi dan Habib Ali bin Abdurrahman Ba’ Alwi yang telah berjasa bagi penyebaran agama Islam di tanah Jawa pada abad 16 sampai awal abad 17.

Peziarah yang datang tidak hanya masyarakat DKI Jakarta. Peziarah dari berbagai daerah, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan dari luar pulau seperti Sumatera, Kalimantan atau Sulawesi juga banyak yang datang berziarah.

Habib Rizieq Bantah Omongan Mahfud MD yang Bilang Tak Pernah Laporkan Masalah Pencekalan

Dinilai Eksotis, Ganjar Ingin eks Keraton Agung Sejagat Jadi Destinasi Wisata

Dua habib berpengaruh

Masjid Al Mukaromah didirikan pada 1789 oleh Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri, seorang ulama yang berdakwah di Jakarta.

Berawal ketika sekitar tahun 1870 an, datang ke rumah Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas di daerah Empang, Bogor, Jawa Barat.

Saat di sana, Habib Abdurrahman diminta menelusuri dua makam ulama besar, Habib Mohammad bin Umar Al-Qudsi dan Habib Ali bin Abdurrahman Ba’ Alwi yang telah berjasa bagi penyebaran agama Islam di tanah Jawa pada abad 16 sampai awal abad 17. 

Saat itu, belum diketahui keberadaan makam dua habib itu. Hanya ada informasi dua habib berpengaruh tersebut dimakamkan di daerah Batavia.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved