Kasus Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Mengaku Dicekal, Mahfud MD: Silakan Urus ke Arab Saudi

Mahfud MD menduga Rizieq Shihab memiliki persoalan dengan Pemerintah Arab Saudi, sehingga tidak bisa keluar dari negara tersebut.

Rizieq Shihab Mengaku Dicekal, Mahfud MD: Silakan Urus ke Arab Saudi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pimpinan FPI Rizieq Shihab menghadiri sidang lanjutan dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (28/2/2017). Agenda sidang lanjutan ini adalah mendengarkan dua saksi ahli, yaitu Rizieq Shihab sebagai ahli agama dan Abdul Chair Ramadhan sebagai ahli hukum pidana. 

MENKO Polhukam Mahfud MD menduga Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memiliki persoalan dengan Pemerintah Arab Saudi, sehingga tidak bisa keluar dari negara tersebut.

"Menurut hukum Indonesia, tidak mungkin satu setengah tahun dicekal kalau atas permintaan Pemerintah Indonesia," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Berdasarkan undang-undang di Indonesia, kata Mahfud MD, surat pencekalan seseorang berlaku enam bulan.

Ditanya Peluang Jadi Capres 2024, Anies Baswedan: Masyaallah, Saya Baru Dua Tahun Kerja di Jakarta

Jika dalam waktu tersebut tidak diajukan ke pengadilan, jelasnya, maka pihak yang dicekal bisa keluar maupun masuk ke Indonesia.

"Katanya itu sudah satu setengah tahun, berarti masalahnya bukan di Pemerintah Indonesia."

"Masalahnya di Pemerintah Arab Saudi. Silakan urusannya ke sana, kalau ada sesuatu yang bisa kami bantu, ya dibantu," papar Mahfud MD.

Menantu Sebut Rizieq Shihab Dua Kali Dicekal, Imigrasi Belum Terima Surat dari Arab Saudi

Mahfud MD yang telah menjabat sebagai Menko Polhukam selama kurang lebih satu bulan, mengaku telah mengecek ke pihak Imigrasi dan kepolisian, terkait kabar pencekalan Rizieq Shihab.

Namun, hingga saat ini Mahfud MD tidak menemukan dokumen maupun pernyataan dari imigrasi dan kepolisian soal pencekalan Rizieq Shihab.

"Habib Rizieq tidak boleh keluar dari Arab Saudi atas alasan keamanan."

Fadli Zon Bilang Pencekalan Rizieq Shihab Pesanan, Sebut Proses Pemulangannya Cuma Butuh Satu Hari

"Nah, alasan keamanan ini tidak disebutkan, apakah atas permintaan Pemerintah Indonesia atau tidak, tidak disebut dalam surat itu.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved