Tilang Elektronik

Terapkan ETLE di Jalan Tol, Jasa Marga Gandeng Ditlantas Polda Metro Jaya

Pengembangan sistem ETLE perlu dilakukan guna mendukung program road safety atau safer road di ruas jalan tol.

Terapkan ETLE di Jalan Tol, Jasa Marga Gandeng Ditlantas Polda Metro Jaya
Kompas.com
Ilustrasi: Kamera pemantau elektronik ETLE (electronic-traffic law enforcement) seperti yang dipasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta juga akan diterapkan di jalan tol. 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggandeng Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ruas tol.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Rapat tindak lanjut rencana integrasi sistem ETLE tersebut dilaksanakan di kantor Pusat Jasa Marga, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (18/9/2019).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Operasi Subakti Syukur, Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti,  Division Head Jasa Marga, Reza Febriano, dan tim IT Jasa Marga.

Dari Polda Metro Jaya diwakili oleh Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Agus Made, Kasi STNK Kompol Arif Fazlurrahman, serta selaku koordinator pelaksana AKP Marthyn, AKP Riko Fermi, AKP Bambang Krisnadi dan Ipda Hari Santoso.

Sterilisasi Jalur Bus, PT Transjakarta MoU dengan Dirlantas Pakai Sistem ETLE

Agus Made mengatakan, pengembangan sistem ETLE perlu dilakukan guna mendukung program road safety atau safer road.

“Fenomena kecelakaan di tol Cipularang, Purbaleunyi, dan Jagorawi menjadi pelajaran berharga buat kita. Mari kita sudahi kejadian miris ini dengan melakukan evaluasi faktor keselamatan di jalan tol dan pengembangan sistem e-TLE, maka kolaborasi ini harus kita lakukan,” kata Agus.

Di kesempatan yang sama Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, kamera yang dimiliki oleh Jasa Marga mirip dengan kamera ETLE di ruas jalan Sudirman-Thamrin.

“Kamera yang mereka miliki mereknya sama, hanya fiturnya saja yang perlu dikembangkan atau di update. Nah untuk untuk launching integrasi ini akan segera dilakukan yaitu tanggal 3 Oktober 2019,” ujar Arif.

Arif mengungkapkan, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Jasamarga sudah mendapat approval dari level pimpinan di Jasa Marga.

Sebanyak 10316 Pelanggar Lalin yang Tertangkap Kamera ETLE Telah Divonis di Pengadilan Negeri

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved