Seleksi Pimpinan KPK

Tereliminasi di Babak Psikotes, Basaria Panjaitan Bilang Begini Lalu WhatsApp-nya Offline

TIGA dari lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut dalam ajang seleksi calon pimpinan (capim) lembaga anti-rasuah periode 2019-2023.

Tereliminasi di Babak Psikotes, Basaria Panjaitan Bilang Begini Lalu WhatsApp-nya Offline
Kompas.com/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kanan) menunjukkan barang bukti berupa tas dan jam tangan mewah yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara Sri Wahyumi Maria Manalip di gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). KPK menetapkan tiga orang tersangka yaitu SWM (Sri Wahyumi Maria Manalip), BNL (Benhur Lalenoh) dan BHK (Bernard Hanafi Kalalo) serta mengamankan barang bukti senilai Rp500 juta terkait kasus dugaan suap pengadaan barang atau jasa di Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2019. 

TIGA dari lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut dalam ajang seleksi calon pimpinan (capim) lembaga anti-rasuah periode 2019-2023.

Mereka adalah Alexander Marwata, Laode Muhammad Syarif, dan Basaria Panjaitan.

Berbeda nasib dari dua koleganya, nama Basaria Panjaitan tidak muncul saat tim panitia seleksi (pansel) mengumumkan kandidat yang lolos tes psikologi.

Daftar Lengkap 40 Calon Pimpinan KPK yang Lolos Psikotes, Basaria Panjaitan Tersingkir

Harapan Basaria Panjaitan untuk dapat kembali menjabat sebagai komisioner KPK pun pupus.

Pensiunan Jenderal Polri itu hanya bisa legawa, menerima nasibnya dengan ikhlas.

"Itu sudah hasil terbaik, Mas," tulis Basaria Panjaitan dalam pesan WhatsApp ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (6/8/2019).

Megawati Bakal Perpanjang Rekor Ketua Umum Parpol Terlama, Rocky Gerung Bilang Begini

Di ujung kalimat, Basaria Panjaitan menambahkan emotikon senyum.

Ketika ditanya apa rencana yang bakal dilakukan setelah turun dari kursi pimpinan KPK dan tak terpilih kembali, tulisan online di ujung kiri atas akun WhatsApp Basaria Panjaitan hilang, dan ia tak menjawab.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) kembali mengumumkan hasil tes para capim KPK.

Jokowi Tak Berminat Pimpin PDIP, Ini Dua Sosok Calon Pengganti Megawati pada 2024

Dalam konferensi pers, Senin (5/8/2019), Pansel? menyatakan peserta yang lolos tes psikologi sebanyak 40 orang, dari 104 yang mengikuti seleksi.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved