WartaKota/

Kemendikbud dan KPK Jalin Kerjasama Cegah Korupsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi guna mencegah terjadinya korupsi di dunia pendidikan.

Kemendikbud dan KPK Jalin Kerjasama Cegah Korupsi
Alija Berlian Fani
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna mencegah terjadinya korupsi di dunia pendidikan.

"Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan Kemendikbud untuk memenuhi tanggungjawabnya, baik kepada Tuhan maupun kepada publik," kata Muhadjir Mendikbud di Gedung A Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2017).

Kerjasama antar dua instansi pemerintah ini mengenai pendidikan anti korupsi, pertukaran data atau informasi, sistem pencegahan korupsi, implementasi platform JAGA, serta pelayanan pengaduan masyarakat dan penertiban barang milik negara.

Mendikbud memaparkan bahwa MoU ini akan berlaku selama lima tahun untuk meningkatkan koordinasi berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, khususnya di sektor pendidikan.

Baca: Penutupan Operasional JICT, Wakapolda Metro Turun Tangan

Nilai-nilai karakter anti korupsi pun telah dimasukan oleh Kemendikbud ke dalam mata pelajaran di kurikulum pendidikan yant diajarkan di sekolah.

Pendidikan anti korupsi juga akan menyasar satuan pendidikan agar dapat meningkatkan tata kelola dan menjadi lembaga yang akuntabel.

Semua itu akan disusun dan dikembangkan pada modul-modul pendidik dan tenaga kependidikan supaya dapat menjadikan sekolah sebagai tempat menumbuhkan karakter integritas.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help