Pilpres 2024

Giliran Partai Demokrat yang Bakal Sowan ke Partai Golkar, Kamhar Lakumani: Kita Tunggu Saja

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengaku ada rencana Partai Demokrat berkunjung ke Kantor DPP Partai Golongan Karya (Golkar).

Editor: Panji Baskhara
Kompas.com/Tatang Guritno
Foto: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya bertemu di rumah dinas Airlangga, Komplek Widya Chandra 3, Nomor 6, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM - Setelah Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), giliran Partai Demokrat yang akan bertemu Partai Golongan Karya (Golkar).

Rencana Partai Demokrat bakal berkunjung ke Partai Golkar dibenarkan Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani.

Dikatakan Kamhar Lakumani, Partai Demokrat berencana menyambangi Kantor DPP Partai Golkar setelah konsolidasi pimpinan di Jawa Timur (Jatim) telah dinyatakan rampung.

Hal ini sekaligus menanggapi dua anggota parpol Koalisi Perubahan yaitu Partai NasDem dan PKS sudah terlebih dahulu mengunjungi Kantor DPP Golkar dan bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pada beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Pengamat Politik : Koalisi Perubahan yang Diinisiasi PKS, Nasdem dan Demokrat Baru Sekedar Nama

Baca juga: Waketum Demokrat: Mereka yang Tidak Menginginkan Anies Baswedan Jadi Presiden Mulai Cemas

Baca juga: Partai Demokrat Puji Manuver Politik Partai NasDem dan PKS yang Mengunjungi Kantor DPP Partai Golkar

"Untuk melakukan kunjungan tentunya terbuka kemungkinan, namun saat ini jajaran pimpinan sedang berkegiatan dan konsolidasi di Jawa Timur, jadi kita tunggu saja perkembangannya ke depan," kata Kamhar Lakumani, Rabu (8/2/2023.

Kamhar Lakumani menuturkan, silaturahmi dan komunikasi lintas partai menjadi keniscayaan dan imperatif dalam sistem politik multi partai.

Kesadaran ini, kata dia, yang melatarbelakangi program silaturahmi 360 derajat yang dicanangkan dan dijalankan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam masa kepemimpinannya sekarang.

Maka itu, Kamhar Lakumani sampaikan komunikasi politik antara Partai Demokrat dan Partai Golkar sejatinya cukup intens dilakukan secara internal.

"Silaturahmi dan komunikasi politik Partai Demokrat dengan Partai Golkar cukup intens dilakukan," ungkapanya.

Kamhar mengapresiasi manuver politik Partai NasDem dan PKS yang telah mendatangi Kantor DPP Partai Golkar beberapa waktu lalu.

Menurut Kamhar, Koalisi Perubahan merupakan koalisi yang bersifat inklusif atau terbuka bagi partai manapun sepanjang memiliki komitmen saling penguatan.

"Kami mengapresiasi silaturahmi politik yang telah dijalankan oleh PKS dan NasDem. Koalisi Perubahan bersifat inklusif, terbuka bagi partai manapun sepanjang memiliki komitmen menambah kekuatan dan saling menguatkan bukan sebaliknya, melemahkan," ujar Kamhar.

 

"Bangsa dan negara ini begitu besar dan kompleks, kolaborasi dan sinergisitas dari seluruh elemen bangsa, termasuk kerja sama lintas partai politik sangat diperlukan untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan bangsa kedepan," sambungnya.

Karena itu, Kamhar menambahkan, Koalisi Perubahan membuka diri bagi siapa pun untuk menjaga dan membangun silaturahmi sesama partai politik.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved