Pilpres 2024

Zulhas Endorse Ganjar sebagai Capres, Kader PAN Riau Pilih Deklarasi Dukung Anies Baswedan

Dukungan kader PAN Riau tersebut mereka sampaikan saat menyambut kedatangan Anies Baswedan di Pekanbaru, Riau pada Minggu (6/2/2022) lalu

Editor: Feryanto Hadi
Tribun Pekanbaru
Sejumlah kader PAN Riau tampil di panggung rapat akbar relawan bersama Anies Baswedan di Pekanbaru Riau Minggu (4/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Beberapa hari setelah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengendorse nama Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden, sejumlah kader PAN Provinsi Riau justru mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau Capres 2024.

Dukungan tersebut mereka sampaikan saat menyambut kedatangan Anies Baswedan di Pekanbaru, Riau pada Minggu (4/2/2022) lalu

Mengenakan jas dan penutup kepala bernama tanjak warna biru berlogo PAN, mereka mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sambil membentangkan spanduk yang memampang wajah eks Gubernur DKI jakarta tersebut di atas panggung.

Menanggapi hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Irvan Herman Abdullah menegaskan bahwa yang dilakukan 7 kader PAN tersebut adalah usulan pribadi dan sama sekali tak mewakili partai.

Baca juga: Zulkifli Hasan Mulai Terang-terangan Endorse Ganjar Pranowo, PPP Masih Emoh Tentukan Sikap Politik

"Apa yang dilakukan Zulmizan dan teman-teman yakni menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan di Acara partai NasDem Riau adalah usulan pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan DPW PAN Riau," kata Irvan kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Menurutnya selama hal itu bersifat usulan pribadi dan tak mengatasnamakan PAN Riau, maka partai tak melarang.

"Selama usulan pribadi silakan saja, dan ini bukan deklarasi ya. Harus dicatat, bukan deklarasi DPW PAN Riau," jelas dia.

Herman memastikan bahwa DPW PAN Riau telah menyatakan bahwa keputusan capres-cawapres ada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Dia juga menegaskan bahwa yang terjadi di Riau berbeda dengan Jawa Tengah. Deklarasi kader PAN Riau adalah atas nama pribadi, sedangkan dukungan DPW PAN Jateng terhadap Ganjar Pranowo merupakan usulan resmi partai.

"Jangan disamakan dengan deklarasi Jateng, di Jateng keputusan resmi Ketua DPW PAN Jateng. Beda dengan Riau yang mana Ketua DPW PAN Riau Alfedri saja tidak ada di situ," kata Herman

Baca juga: NasDem Gelar Karpet Merah Sambut Gerindra di Koalisi Perubahan, Capresnya Tetap Anies Baswedan

Zulhas dukung Ganjar

Sebelumnya,  Zulhas menyebut Ganjar Pranowo pantas dicalonkan partainya jadi calon presiden (capres) pada 2024.

Hal itu merespons usulan DPW PAN Jawa Tengah untuk mencalonkan Ganjar sebagai capres PAN di Pilpres 2024 lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Zulhas menyebut pihaknya akan mempertimbangkan semua usulan tersebut termasuk hasil survei yang menunjukkan Ganjar selalu unggul.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved