Uji Emisi

Pengendara Mobil dan Motor Bisa Uji Emisi Gratis di Terminal Kampung Rambutan Hari ini

Buat pengendara mobil dan motor yang ingin tahu kualitas pembakaran kendaraannya bisa uji emsii gratis di Terminal Kampung Rambutan.

warta kota/yolanda
Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar uji emisi gratis di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, Kamis (1/12/22). (Instagram @dishubdkijakarta). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar uji emisi gratis di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, Kamis (1/12/22).

Dilansir dari akun Instagram resminya @dishubdkijakarta, uji emisi tersebut digelar mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Sebagai bentuk dukungan program pemerintah Dinas Perhubungan Unit Pengelola Perparkiran akan melaksanakan uji emisi kendaraan gratis bagi kendaraan bermotor, untuk kendaraan roda 4 (empat) dan kendaraan roda 2 (dua).

Layanan uji emisi gratis ini mengacu pada Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Bab V Pasal 17.

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang dikenakan disinsentif berupa pembayaran parkir tertinggi dan penindakan tilang".

"Sudahkah kendaraan kalian lulus dari Uji Emisi Gas? Pastikan kendaraan kalian sudah lulus Uji Emisi Gas
ya," tulis caption tersebut.

Penegakan hukum di jalan akan dilakukan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI.

Baca juga: Akhir Tahun Uji Emisi Jadi Syarat Bayar PKB, Nilai Denda Kendaraan yang Tidak Lulus Keluar Oktober

Baca juga: Ditlantas Bakal Rapat dengan Bapenda untuk Bahas Syarat Perpanjangan Pajak Wajib Lampirkan Uji Emisi

Adapun ancaman denda maksimal bagi pelanggar Rp 250.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp 500.000 untuk pengendara mobil.

Hukuman tilang ini mengacu pada Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 dan Pasal 286.

 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved