Pandemi Virus Corona

Bio Farma Bikin Kejutan, Rilis Alat Tes Antibodi Covid-19 dan Wadah Vaksin yang Tahan Lama

Saat kasus Covid-19 kembali naik, Bio Farma merilis alat tes antibodi yang sangat bermanfaat.

warta kota/fitriandi fajar
Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM I.G.N Suharta Wijaya (baju kuning) saat mengeluarkan produk alat tes antibodi Covid-19 dan wadah vaksin yang mampu bertahan tujuh jam, di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perusahaan holding BUMN di bidang farmasi, Bio Farma mengeluarkan produk alat tes antibodi Covid-19.

Produk bernama FastBio-RBD 2019-nCoV Neutralizing Antibody Test & FastBio-RBD Fia Meter ini resmi diluncurkan di Mal Sarinah, Jakarta Pusat pada Sabtu (26/11/2022) petang.

Produk ini dapat digunakan untuk mengetahui jumlah antibodi spesifik seseorang terhadap virus SARS COV 2 penyebab Covid-19, hingga pasca pemberian Vaksin Covid-19.

FastBio-RBD milik Bio farma telah menggunakan teknologi fluorescence immunoassay sehingga dapat memberikan hasil yang akurat dan spesifik terhadap perhitungan jumlah antibody sars COV-2.

FastBio-RBD 2019-nCoV Neutralizing Antibody Test & FastBio-RBD Fia Meter pun mempunyai keunggulan yaitu waktu pengujian yang singkat (15 menit), preparasi sampel yang mudah, sampel yang digunakan bervariasi (whole blood, venipucture whole blood, serum dan plasma) dan memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Bio Farma I.G.N Suharta Wijaya mengatakan, kedua produk tersebut menjadi bagian dari pengembangan biofarma terhadap alat alat pendeteksi Covid-19 sejak dini.

Produk itu diharapkan bisa membantu masyarakat luas dalam mendukung tercapainya kesejahteraan kesehatan di Indonesia.

Baca juga: IDI Menilai Indonesia Belum Memenuhi Syarat Akhiri Status Pandemi Virus Corona

“Ini kami lakukan agar bisa membantu masyarakat luas mengetahui berapa besar antibodi yang ada,” kata Suharta, Sabtu (26/11/2022).

Selain itu, Bio Farma juga meluncurkan VaccarBio yang merupakan Electronic Portable Cooler karya anak bangsa.

Alat ini bisa menjaga suhu vaksin tetap stabil, karena didukung sistem active cooler yang dilengkapi dengan Battery Back-up sehingga dapat bertahan sampai tujuh jam.

Suharta menyebut pengunaan VaccarBio dapat mempermudah distribusi vaksin di Indonesia baik dari Sabang hingga Merauke.

Baca juga: Maksud Hati Isi Waktu Luang Akibat Pandemi Virus Corona, Mezzaluna tak Menyangka Malah Jadi Tenar

Seperti diketahui, distribusi vaksin di Indonesia masih menggunakan rantai dingin (cold chain), sehingga dengan adanya VaccarBio diharapkan kualitas vaksin dapat terjaga dengan baik ketika disuntikkan kepada penerima.

“Pengembangan VaccarBio ini kembali lagi bagian dari inovasi di biofarma dan untuk mendorong TKDN (tingkat komponen dalam negeri) karena ini semua adalah produk dalam negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Penjualan Domestik Bio Farma Mahsun Muhammadi, menambahkan VaccarBio menjadi produk yang sangat penting guna memastikan kualitas vaksin dari pabrik sampai ke penerima.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved