Wisata Kepulauan Seribu

Disparekraf DKI Jakarta Promosikan Wisata Kepulauan Seribu di Ajang Sail Tidore Expo 2022

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta promosikan wisata Kepulauan Seribu melalui event Sail Tidore Expo 2022 di Maluku Utara.

Dok. PPID DKI Jakarta
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta promosikan wisata Kepulauan Seribu melalui event Sail Tidore Expo 2022 di Maluku Utara. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melakukan promosi pariwisata Jakarta melalui event Sail Tidore Expo 2022 yang mengangkat tema "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa Bangsa". 

Event itu dilaksanakan di kawasan Pantai Wisata Tugulafa, Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada 24 hingga 29 November 2022 mendatang.

Dilansir dari PPID DKI Jakarta, Sail Tidore Expo 2022 merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia. 

Event bertaraf internasional tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia di acara puncak pada Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Konser Berdendang Bergoyang Langgar Izin, Disparekraf DKI Jakarta Enggan Disebut Kecolongan

Dalam kegiatan itu, Disparekraf DKI Jakarta menampilkan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata primadona yang ditawarkan kepada dunia. 

Seperti kita ketahui Kepulauan Seribu mengalami perkembangan yang amat pesat beberapa tahun belakangan, mulai dari pemenuhan hak-hal dasar seperti kebutuhan pokok, air, dan listrik hingga aspek pariwisatanya dengan meluncurkan Digital Nomad Mei lalu.

“Kini berlibur di Kepulauan Seribu adalah pilihan yang rasional karena semua kebutuhan dasar wisatawan terpenuhi di sana. Mulai dari air, listrik, hingga internet," ujar Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata berdasarkan keterangannya.

Andhika mengatakan, Kepulauan Seribu juga menjadi destinasi yang tepat bagi para wisatawan, khususnya mereka yang ingin merasakan sensasi bekerja sambil berlibur atau kerap disebut digital nomad.

Ia juga menjelaskan bahwa Sail Tidore Expo 2022 merupakan kegiatan yang sangat strategis untuk diikuti oleh para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta. 

Baca juga: Konser Musik Kondusif, Disparekraf DKI Jakarta Batasi Penonton Maksimal 70 persen dari Kapasitas

Sehingga diharapkan pada akhirnya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantaran maupun mancanegara.

“Sail Tidore Expo 2022 merupakan platform yang tepat untuk mempertemukan komunitas ekonomi kreatif binaan kementerian atau lembaga, BUMN atau BUMD, dan pemerintah daerah," jelas Andhika.

Hal tersebut menjadi potensi besar untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif DKI Jakarta, khususnya wisata urban dan wisata alam Kepulauan Seribu.

Pada Sail Tidore Expo tahun 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Disparekraf DKI Jakarta turut berpartisipasi pada pameran dengan membuka booth yang didekorasi bertemakan wisata urban.

Selain itu, juga menampilkan produk-produk ekonomi kreatif khas DKI Jakarta pada booth tersebut.

“Kami menampilkan antara lain Batik Marunda, yang memiliki motif batik bertemakan pesisir dan produk-produk dari Bilalu Art yang merupakan pelaku ekonomi kreatif subsektor kriya yang berbahan baku kerang dan biota laut khas Kepulauan Seribu,” pungkas Andhika. 

Sebagai informasi, Kepulauan Seribu masuk dalam 13 proyek baru yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). (m36)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved