Info Baznas

Bertemu Ratusan WNI di KBRI Kairo Mesir, Wapres Luncurkan Beasiswa BAZNAS

BAZNAS RI bersama Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin meluncurkan Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ke-3 Tahun 2022.

Editor: Lucky Oktaviano
Istimewa
Wakil Presiden RI Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin bersama Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA dan Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf meluncurkan Beasiswa BAZNAS Al-Azhar angkatan ke-3. Acara yang digelar di Kedubes RI di Kairo, Mesir, Sabtu (5/11/2022) ini didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin meluncurkan Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ke-3 Tahun 2022, di Kedubes RI yang berada di Kairo, Mesir, Sabtu (5/11/2022).

Beasiswa BAZNAS Al-Azhar angkatan ke-3 diluncurkan oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin bersama Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA dan Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf. Acara ini juga didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI).

Sebanyak 300 orang menjadi penerima manfaat dalam program beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat, dan sudah dinyatakan lulus di kampus Al-Azhar melalui jalur Kementerian Agama.

Baca juga: BPKH dan Baznas Serahkan Bantuan Ambulans untuk Yayasan Rumah Khidmat Indonesia

Sebelumnya, melalui dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah membantu putra-putri terbaik bangsa yang menempuh pendidikan di kampus Al-Azhar, Mesir sejak 2019 dan 2021.

Pada angkatan 2019, tercatat ada 33 peserta, sedangkan untuk angkatan 2021 sebanyak 64 peserta menjadi penerima manfaat.

Sehingga total penerima manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar saat ini berjumlah 397 mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin mendorong dan memotivasi agar para penerima beasiswa dapat menyiapkan mental dan niat terbaik, agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

Baca juga: Baznas Terima Penunaian Zakat Pegawai Sebesar Rp 147 Juta dari UPZ PT Semen Tonasa

"Mahasiswa harus bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara di masa depan. Kalian adalah calon penerus dan pemimpin bangsa ini. Jadi harus bisa berkontribusi dalam tiap aspek, harus bisa bermanfaat dan ada nilai tambahnya," kata Wapres Ma'ruf, di Kairo, Mesir, Sabtu (5/11/2022).

Wapres juga berharap agar program Beasiswa BAZNAS ini dapat bermanfaat dan memberi nilai lebih kepada para penerima manfaatnya, tak hanya di sektor pendidikan, namun juga sektor lain.

Selain meluncurkan beasiswa, Wapres Ma'ruf juga menyempatkan untuk berbincang dengan sejumlah WNI yang hadir di lokasi acara, seperti mahasiswa, pekerja migran, dan para pengusaha.

Selama di Mesir, Wapres Ma'ruf mendapat sambutan hangat dari warga negara Indonesia. Banyak dari mereka telah tiba di KBRI untuk menyambut Wapres.

Baca juga: Baznas Lakukan Bedah Rumah Korban Kebakaran di Kemayoran

Hal ini pun diamini oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, yang menyebut antusiasme masyarakat Indonesia yang berada di Mesir memang cukup tinggi, mengingat mereka telah sangat terbantu oleh peran Pemerintah hingga bisa berada di negara Afrika Utara itu.

"Beginilah kondisi di Kairo Mesir. Rasa kekeluargaan kami sesama bangsa Indonesia memang tinggi. Kami juga cukup sering mengadakan acara bertema Indonesia sekadar untuk bernostalgia dengan kampung halaman. Dan tentu saya sangat berterima kasih kepada Pak Wapres Ma'ruf Amin dan BAZNAS yang telah mengadakan acara yang bermanfaat di sini," kata Lutfi.

Lutfi juga berharap, program beasiswa yang diluncurkan kali ini dapat memberi keberkahan kepada para penerima manfaat dan orang sekitarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved