TKMKB Hadir untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Program JKN

BPJS Kesehatan melibatkan beberapa pihak terkait melalui pembentukan tim kendali mutu dan kendali biaya (TKMKB).

dok. BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa
TKMKB Hadir untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Program JKN. 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA – Dalam rangka penyelenggaraan kendali mutu dan kendali biaya dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan melibatkan beberapa pihak terkait melalui pembentukan tim kendali mutu dan kendali biaya (TKMKB).

TKMKB hadir untuk melakukan sosialisasi kewenangan tenaga kesehatan dalam menjalankan praktik profesi sesuai kompetensi, utilization review dan audit medis, dan pembinaan etika dan disiplin profesi kepada tenaga kesehatan.

“Melalui pembentukan TKMKB ini diharapkan mampu memberikan dukungan terhadap kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan stakeholder untuk menghasilkan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN secara optimal,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Sudiyanti beberapa waktu lalu.

Sudiyanti menambahkan, bahwa pembentukan TKMKB sejalan dengan amanah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional, yang terdiri dari unsur organisasi profesi, akademisi, dan pakar klinis.

Sudiyanti juga menyebutkan bahwa arahan dan dukungan TKMKB sangat bermanfaat dan sejalan dengan fokus utama manajemen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu layanan bagi peserta JKN.

Baca juga: Tingkatkan Validitas Data Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Rekonsiliasi Data PPNPN

Ketua TKMKB Cabang Tigaraksa Achmad Muchlis menyampaikan fokus pada tahun 2021 lalu, yaitu tingginya kasus tindakan sectio caesarea (SC) di Kabupaten Tangerang.

"Sedangkan pada tahun 2022 saat ini, dapat memberikan fokus terhadap angka kesakitan ibu dan bayi guna memberikan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan menjaga kendali mutu dan kendali biaya jaminan pelayanan kesehatan. Selain itu, hal tersebut juga mengacu terhadap keberlangsungan Program JKN selanjutnya," ungkapnya.

Baca juga: Tahun 2022 BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Fokus Perluas Kerja Sama FKTP di Wilayah Tangerang

Berdasarkan data BPJS Kesehatan terkait angka kesakitan ibu dan bayi, melalui tim Audit Maternal Perinatal (AMP) dapat melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan pembinaan. Hal ini menjadi salah satu aksi untuk mendukung upaya pemerintah dalam penurunan angka stunting.

"Melalui upaya tersebut, dapat dihasilkan sistem kendali mutu dan dan biaya jaminan pelayanan kesehatan secara efektif dan efesien,” tutur Muchlis.    

BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa telah membentuk Tim Koordinasi dari TKMKB Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terdiri dari unsur Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan BPJS Kesehatan sendiri.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved