Tingkatkan Validitas Data Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Rekonsiliasi Data PPNPN

Dalam rangka meningkatkan validitas data Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa lakukan rekonsiliasi data.

dok. BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa
Tingkatkan validitas data peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa melaksanakan kegiatan sosialisasi dan rekonsiliasi data PPNPN Tahun 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA - Upaya perbaikan terus dilakukan BPJS Kesehatan guna terwujudnya cakupan Program Jaminan Kesehatan (JKN) secara menyeluruh bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu perbaikan tersebut terkait validitas data peserta JKN-KIS yang dapat dilakukan melalui pelaksanaan rekonsiliasi.

Tujuan rekonsiliasi untuk memastikan bahwa seluruh segmen peserta, termasuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Dalam rangka meningkatkan validitas data PPNPN, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa melaksanakan kegiatan sosialisasi dan rekonsiliasi data PPNPN Tahun 2022.

Kegiatan yang diikuti dari 28 satuan kerja di Wilayah Kabupaten Tangerang ini juga diisi dengan sosialisasi Program JKN.

Baca juga: Tahun 2022 BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Fokus Perluas Kerja Sama FKTP di Wilayah Tangerang

Sehingga, dapat terciptanya sinergi antara BPJS Kesehatan dengan seluruh pemangku kepentingan dalam implementasi Program JKN.

“Kegiatan rekonsiliasi ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu layanan melalui validitas data peserta JKN-KIS, melalui kesempatan ini dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) – Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri,” ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tigaraksa, Sudiyanti, beberapa waktu lalu.

Sudiyanti juga menambahkan bahwa menjadi peserta JKN-KIS merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat. Tak terkecuali bagi Pemberi Kerja yang juga memiliki kewajiban dalam mendaftarkan seluruh pekerja dan anggota keluarganya.

Ia juga mendorong seluruh pemangku kepentingan berperan serta dalam mendukung Program JKN.

Baca juga: Optimalisasi Kinerja Kader JKN, BPJS Kesehatan Ingatkan Kembali Terkait Kode Etik

Sehingga, setiap orang dapat mengingat akan kewajibannya serta mendapatkan hak-haknya berupa jaminan pemeliharaan kesehatan.

“Kami mengimbau melalui pemutakhiran data ini, PPNPN dapat memastikan seluruh pekerja beserta anggota keluarganya telah didaftarkan, sehingga seluruhnya berperan serta menjadi bagian dalam Program JKN serta terjamin akan pelayanan kesehatannya,” tutur Sudiyanti.

Menyambung pernyataan Sudiyanti, perwakilan dari salah satu satuan kerja di Wilayah Kabupaten Tangerang, Yuniarti, mengapresiasi kegiatan rekonsiliasi ini yang dapat membantu dalam hal perbaikan data kepesertaan di satuan kerja mereka.

Menurutnya, akurasi data di satuan kerja mereka sudah jauh lebih baik dan telah disesuaikan dengan data kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Kami sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan rekonsiliasi ini, karena dapat dipastikan data peserta di satuan kerja kami sudah diperbarui dan valid sehingga tidak terkendala ketika membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Yuniarti.

Yuniarti melanjutkan, pihaknya telah ikut serta dalam kegiatan rekonsiliasi ini secara rutin.

Hal tersebut menjadi bentuk dukungan dan kewajiban dari pihak pemberi kerja kepada BPJS Kesehatan dalam upaya optimalisasi Program JKN.

Sehingga, ia juga berharap penyelenggaraan rekonsiliasi ini tetap dilanjutkan untuk mendorong peningkatan mutu layanan Program JKN.

“Kami selaku satuan kerja di Wilayah Kabupaten Tangerang tentunya mendukung dan berharap kepada BPJS Kesehatan agar kegiatan rekonsiliasi ini terus dilaksanakan, mengingat kegiatan ini berjalan dengan sangat baik,” pungkasnya.

Sampai dengan bulan Mei 2022, peserta JKN-KIS yang terdaftar di Wilayah Kabupaten Tangerang tersebar di 28 satuan kerja. Secara keseluruhan, terdapat 1196 jiwa yang sudah menjadi bagian dari Program JKN melalui segmen peserta PPNPN.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved