Pilpres 2024

Rekam Jejak Anies Baswedan Dinilai Selaras dengan Nilai-nilai Partai Demokrat

Rekam jejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap memiliki kesamaan dan selaras dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat.

Warta Kota/ Fitriyandi Al Fajri
Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menyebut rekam jejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap memiliki kesamaan dan selaras dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - DPD Demokrat DKI Jakarta menilai, rekam jejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pemerintahan sangat selaras dengan nilai yang selama ini diperjuangkan partai.

Partai berlambang Mercy itu menginginkan figur calon presiden (capres) 2024 yang memiliki integritas, kapasitas, elektabilitas dan chemistry.

Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, figur tersebut juga harus memiliki semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapimnas pada 15 September 2022. 

“Menurut kami rekam jejak Bapak Anies Baswedan memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Partai Demokrat. Selain itu, Anies dan Ketum AHY memiliki hubungan yang cukup dekat,” kata Mujiyono berdasarkan keterangannya pada Kamis (6/10/2022).

Kata Mujiyono, Partai Demokrat DKI selama ini memiliki hubungan yang sangat baik dengan Gubernur Anies Baswedan.

Demokrat selalu bertukar pikiran untuk sama-sama mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di DKI Jakarta, apalagi Demokrat berhasil mendapat 10 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Baca juga: Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Jenderal Dudung Diminta Tindak Oknum TNI yang Tendang Aremania

Dalam kesempatan itu, Mujiyono menghargai langkah koleganya dari Partai NasDem yang mendeklarasikan Anies pada Senin (3/10/2022) sebagai capres 2024 mendatang.

Pencapresan Anies dilakukan 14 Hari sebelum masa baktinya berakhir tanggal 16 Oktober 2022.

Mujiyono mengingatkan, pencapresan Anies itu tidak akan berpengaruh signifikan terhadap persoalan yang ada di Jakarta. Soalnya, masalah di Jakarta harus diselesaikan secara terencana dan terukur.

Baca juga: Bekasi Marak Begal, Dua Pemuda lagi Asyik Main Ponsel di Sebuah Warung Jadi Korban

“Ada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) setiap tahun yang telah ditetapkan bersama. Inilah yang menjadi acuan bagi setiap organisasi perangkata daerah untuk menyelesaikan permasalahan di Jakarta selama periode kepemimpinan Anies Baswedan,” jelasnya.

Mujiyono menambahkan, pihaknya juga belum mengetahui bakal berkoalisi dengan NasDem untuk mendukung Anies atau tidak.

Kata dia, keputusan itu menjadi kewenangan penentuan mitra koalisi dan capres/cawapres dalam partai Demokrat.

Baca juga: Errina Perajin Batik Tulis Berharap Masyarakat Dapat Mencintai dan Menghargai Produk Lokal

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Anies Baswedan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Anies Baswedan (ist)

“Itu merupakan kewenangan dari Majelis Tinggi Partai, kami percayakan kepada mereka untuk memutskan terkait hal tersebut,” imbuhnya.

Kepada Anies Baswedan, Mujiyono berharap agar dapat mempersiapkan proses transisi yang baik bagi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Dengan begitu, pembangunan di DKI Jakarta tetap berkesinambungan, sehingga tidak merugikan masyarakat.

“Selain itu, tentu saja berharap dapat menyelesaikan pekerjaan rumah yang dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat ini,” ujar Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved