Polisi Tembak Polisi

Jaksa Takkan Istimewakan Bharada Eliezer Meski Berstatus Justice Collaborator

Fadil menyebut, sudah menjadi hak dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melindungi semaksimal mungkin Bharada Eliezer.

Editor: Yaspen Martinus
Istimewa
Kejaksaan Agung tidak akan mengistimewakan tersangka Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, meski bersatus justice collaborator di kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Kejaksaan Agung tidak akan mengistimewakan tersangka Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, meski bersatus justice collaborator di kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Untuk Bharada E ya ini kan ada LPSK di belakangnya, kami sudah sampaikan ke LPSK koordinasi dengan kita."

"Perlakuan kepada RE sama saja dengan tersangka lainnya, tidak ada dibedakan," kata Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Jampidum Kejaksaan Agung Fadil Zumhana kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Tambah Jadi 131 Orang, 12 di Antaranya Wafat di Non Faskes

Fadil menyebut, sudah menjadi hak dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melindungi semaksimal mungkin Bharada Eliezer.

"Tapi kami sebagai penegak hukum, sebagai jaksa, memperlakukan sama terhadap RE, nanti pengadilan yang melihat bagaimana RE ini sebagai justice collaborator," ucapnya.

Siapkan Kejutan di Sidang

Tersangka Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu siap memberikan kejutan, pada persidangan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat

"Kita sedang mempersiapkan ada beberapa strategi, cuma saat ini belum kita sampaikan."

"Tetapi pastinya kita ada kejutan di pengadilan dalam rangka membela Bharada E," kata Ronny Talapessy, kuasa hukum Bharada Eliezer, saat menjenguk kliennya di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

Ronny setuju dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar kasus tersebut dibuka secara transparan. Apalagi, berkas kasus tersebut pun sudah dinyatakan lengkap dan siap maju ke persidangan.

"Nah, ke depannya kami dari tim penasihat hukum akan mempersiapkan strategi-strategi bagaimana untuk membela Bharada E."

"Nanti itu akan kami sampaikan di pengadilan ya," paparnya.

Baca juga: Jokowi Digugat ke PN Jakpus karena Diduga Pakai Ijazah Palsu, Stafsus: Dapat Dibuktikan dengan Mudah

Bharada Eliezer juga mengaku siap bertatap muka dengan bekas Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, di persidangan.

"Kalau memang dari majelis hakim minta untuk bertemu secara langsung, kami juga siap, dari penasihat hukum kami siap."

"Kalaupun nanti dipertemukan dengan Saudara FS siap, ya karena memang dalam rangka kepentingan pembelaan Bharada E, tentunya kami akan maksimal," tutur Ronny.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Booster Masih Rendah Jadi Alasan Pemerintah Terus Perpanjang PPKM Level 1

Ronny menuturkan, kesehatan Bharada Eliezer juga dipastikan siap menghadapi proses persidangan.

"Saya terus pantau proses kesiapan dari Bharada E, kondisinya sekarang sehat, stabil, dan siap untuk menjalani tahap dua di Kejaksaan," jelasnya. (Abdi Ryanda Shakti)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved