Operasi Zebra Jaya 2022

Waspada, Operasi Zebra Jaya 2022 akan Tegas pada Pengemudi Mobil Pelat Dewa yang Kerap Arogan

Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra Jaya 2022 selama dua pekan, bagi pengemudi yang suka bandel dan arogan jangan coba-coba deh melawan.

Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Ramadhan L Q
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman meminta pengemudi yang menggunakan pelat dewa agar tak arogan, karena akan ditilang saat Operasi Zebra Jaya 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ditlantas Polri menggelar Operasi Zebra Jaya, 3-16 Oktober 2022, dengan tujuan menertibkan pengendara yang tak disiplin.

Karena itu, pengendara yang suka bandel harap waspada, sebab mereka akan kena tilang.

Kepada pengendara yang menggunakan pelat khusus atau pelat dewa juga demikian.

Mereka jangan coba-coba arogan dan melawan petugas, sebab akn ditindak tegas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menyebut dalam operasi ini semua pelanggar akan ditindak walaupun kendaraan 'berpelat dewa'.

Diketahui, istilah kendaraan pelat dewa merupakan kendaraan berpelat khusus atau istimewa yang biasa digunakan para pejabat negara.

"Nggak ada (pelat dewa/pelat khusus), nggak ada semuanya kita tindak," kata Latif saat dihubungi wartawan, Sabtu (1/9/2022).

Meski begitu, Latif menjelaskan setiap penindakan tidak semua berujung penilangan.

Tetapi bisa merujuk pada sanksi teguran ke setiap pelanggar.

Baca juga: Polda Metro Gelar Operasi Zebra Jaya di Sejumlah Titik Patroli, Ini Sasaran yang Dibidik Polisi

Kecuali, lanjut Latif, pelanggaran yang terekam kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) yang secara otomatis akan dilakukan penilangan.

"Yang dimaksud dengan tidak ada penilangan manual itu ada operasi itu apa mengejar target tilang itu tidak, kalau begitu dengan elektronik itu," jelasnya.

Polri akan menggelar operasi terpusat dengan sandi Operasi Zebra 2022 yang serentak dimulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022.

Baca juga: Operasi Zebra Jaya DKI Jakarta hingga 28 November, Sasar Knalpot Bising, Rotator dan Balap Liar

Di Polda Metro Jaya sendiri, ada 14 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran penindakan dalam operasi tersebut.

"Mulai tanggal 03 s/d 16 Oktober 2022 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melaksanakan Kegiatan Operasi Kepolisian Zebra Jaya 2022," tulis caption video yang diunggah akun instagram @TMCpoldametrojaya seperti dikutip, Sabtu (1/10/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved