Berita Jakarta

Siapkan Perpanjangan Kerja Sama, BPJS Kesehatan Jakbar Gelar Rekredensialing Sejumlah FKTP

Rekredensialing akan dilakukan sehubungan akan dilakukannya perpanjangan kerjasama dengan FKTP tersebut pada tahun 2023 mendatang.

Editor: Feryanto Hadi
ist
BPJS Kesehatan Jakarta Barat saat melakukan rekredensialing di Puskesmas Kelurahan Kedaung Muara Angke, Jakarta Barat 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- BPJS Kesehatan Jakarta Barat melakukan rekredensialing terhadap sejumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) 

Kredensialing merupakan tahap penilaian terhadap fasilitas kesehatan.

Jika mencapai nilai kelulusan maka kerja sama akan dilanjutkan.

Hal itu dilakukan sehubungan akan dilakukannya perpanjangan kerjasama dengan FKTP tersebut pada tahun 2023 mendatang.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 99 Tahun 2015 untuk melakukan kerjasama atau perpanjangan kerjasama maka BPJS Kesehatan harus melakukan rekredensialing dengan para pengelola FKTP,” kata Kabid Penjaminan Manfaat Primer, Purwati, Jumat (30/09/2022).

Baca juga: Mudahkan Peserta Akses Informasi Mengenai JKN, BPJS Kesehatan Buka Layanan di MPP Kuningan

Menurut Purwati, pihaknya kembali melakukan seleksi bagi fasilitas kesehatan (faskes) yang hendak memperpanjang menjalin kerja sama melalui proses rekredensialing.

Khusus untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) yang akan bekerja sama di tahun 2023, BPJS Kesehatan Jakarta Barat melakukan rekredensialing.

Kabid Penjaminan Manfaat Primer, Purwati (mengenakan batik) berfoto bersama staf BPJS Kesehatan Jakarta Barat
Kegiatan rekredensialing di Puskesmas Kelurahan Kapuk 2 (ist)

Ketentuan seleksi faskes melalui kredensialing dan rekredensialing ini telah diselaraskan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan.

“Salah satu komitmen BPJS Kesehatan Jakarta Barat adalah memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas, profesional, dan memuaskan," kata Purwanti

"Karena itu, sebagai bentuk kepatuhan dalam regulasi, seleksi faskes mutlak dilakukan dan wajib dipenuhi oleh faskes yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Barat. Selain itu juga menyesuaikan dengan regulasi terbaru dan mengadaptasi era kebiasaan baru,” tambah Purwati.

Baca juga: Wajib Tahu, 21 Jenis Penyakit ini Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Persyaratan administrasi yang mutlak dipenuhi adalah perizinan, izin praktek tenaga medis, akreditasi dan Nomor Pengguna Wajib Pajak (NPWP) faskes.

Sementara, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi faskes yang bekerja sama antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten) dan lingkup pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana (termasuk sarana tempat tidur), sistem, prosedur dan administrasi, serta evaluasi kerja sama (untuk rekredensialing). Pelaksanaan seleksi faskes ini melibatkan Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat, Asosiasi Fasilitas Kesehatan dan Asosiasi Profesi.

Untuk mempercepat dan mempermudah proses kerja sama dengan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Jakarta Barat menerapkan aplikasi bernama Health Facilities Information System (HFIS).

Aplikasi ini berbasis website, mudah diakses melalui internet publik dan proses dalam mengajukan kerja sama dapat dimonitor secara transparan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Jakbar Sosialisasikan Efektifitas Penggunaan Mobile JKN di Mal Pelayanan Publik

Dalam aplikasi HFIS, faskes dapat dengan mudah meng-upload data-data yang merupakan syarat kerjasama. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan seluruh faskes yang melayani peserta JKN-KIS berkualitas dan sesuai dengan aturan yang ada.

Tren kerja sama faskes yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan Jakarta Barat meningkat setiap tahunnya.

Untuk rekredensialing kali ini dilakukan terhadap Kelurahan Kapuk 2 dan Kelurahan Kedaung Kali Angke yang berada di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved