Berita Jakarta

Mudahkan Peserta Akses Informasi Mengenai JKN, BPJS Kesehatan Buka Layanan di MPP Kuningan

Desi Muflihatun menyebut, kegiatan sosialisasi tersebut menyasar peserta dan pegawai di lingkungan Mal Pelayanan Publik.

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Barat kembali memanfaatkan Mal Pelayanan Publik, Kuningan, Jakarta Selatan untuk memberikan informasi terbaru mengenai program JKN, Rabu (21/9/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Barat kembali memanfaatkan Mal Pelayanan Publik, Kuningan, Jakarta Selatan sebagai lokasi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai program-program JKN/KIS, Rabu (21/9/2022).

Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Jakarta Barat, Desi Muflihatun menyebut, kegiatan sosialisasi tersebut menyasar peserta dan pegawai di lingkungan Mal Pelayanan Publik.

Adapun bentuk kegiatannya adalah penyampaian informasi terkait penggunaan NIK untuk pelayanan kesehatan dan KIS Digital pada aplikasi Mobile JKN.

Kemudian, petugas juga memberikan informasi kepada peserta mengenai kanal layanan tanpa tatap muka (Care Center 165, Vika, Chika, Pandawa, Mobile JKN).

Baca juga: Wajib Tahu, 21 Jenis Penyakit ini Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lalu, penyampaian informasi terkait program Rencana Pembayaran Tunggakan Bertahap (Rehab) serta administrasi seperti penambahan anggota keluarga PBI APBD dan status kepesertaan

·Sejumlah peserta mendatangi both BPJS Kesehatan untuk bertanya mengenai beberapa hal.

Salah satunya, permasalahan mengenai kepemilikan dua nomor kartu BPJS Kesehatan aktif yang berbeda.

Petugas lalu menerangkan bahwa untuk masalah tersebut, akan dilakukan penonaktifan salah satu kartu sesuai dengan tatacara penonaktifan data ganda

Pertanyaan lain yakni bagaimana cara agar menjadi tanggungan pasangan sebagai PNS

Baca juga: BPJS Kesehatan Jakbar Sosialisasikan Efektifitas Penggunaan Mobile JKN di Mal Pelayanan Publik

Adapun solusi untuk hal tersebut, menurut petugas, bisa dilakukan secara kolektif dengan melapor PIC satuan kerja atau melalui kanal lain seperti Pandawa dengan persyaratan SK PNS,daftar gaji, dan Kartu keluarga.

Peserta lain bertanya mengenai bagaimana cara pengaktifan kembali menjadi peserta  PBPU apbila sudah tidak ditanggung sebagai PPU

Dijawab oleh petugas, "Pendaftaran menajdi peserta PBPU dapat dilakukan secara langsung di loket MPP atau melalui PANDAWA di nomor 08118165165 dengan persyaratan KTP, KK, dan Buku rekening."

Desi Muflihatun menambahkan, dari hasil kegiatan pemanfaatan Mal Pelayanan Publik yang telah diselenggarakan dapat memberikan informasi kanal layanan tanpa tatap muka.

Baca juga: BPJS Kesehatan Cibinong Evaluasi Kinerja Kader JKN

"Sekaligus dapat memberikan manfaat terkait update informasi pemanfaatan NIK untuk layanan program JKN dan efektifitas penggunaan aplikasi Mobile JKN kepada peserta maupun kepada petugas di kantor Mal Pelayanan Publik," ungkap Desi. 

"Dengan tersampaikannya informasi update tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi peserta sehingga meningkatan kepuasan peserta JKN-KIS," Desi menambahkan

 

 

                                                                                                           

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved