BPJS Kesehatan Cibinong Evaluasi Kinerja Kader JKN

Kader JKN secara rutin dievaluasi terkait capaian kinerja di wilayah masing-masing. Hal tersebut sebagai langkah untuk meningkatkan kompetensi Kader.

https://www.jamkesnews.com/
BPJS Kesehatan Cibinong Evaluasi Kinerja Kader JKN. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan mitra BPJS Kesehatan yang memiliki kapasitas sesuai kriteria untuk melakukan fungsi antara lain pengingat iuran, pengumpul iuran, dan sebagai perpanjangan tangan kepada seluruh peserta di masing-masing wilayah.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Dian Sri Rahayu mengatakan Kader JKN secara rutin dievaluasi terkait capaian kinerja di wilayah masing-masing. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kompetensi dari seluruh Kader JKN untuk memberikan pemahaman langsung kepada seluruh peserta binaannya.

Kegiatan evaluasi bersamaan juga dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS), pakta integritas dan surat pernyataan kebersediaan menjadi Kader JKN. Terdapat 70 Kader JKN yang bergabung dalam kegiatan tersebut dan melakukan penandatanganan PKS tahun 2022.

“Luas wilayah dan banyak jumlah masyarakat Kabupaten Bogor dengan berbagai latar belakang menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan Program JKN-KIS khususnya penagihan iuran. Kader JKN sangat berperan dalam hal tersebut dan diharapkan membantu masyarakat mendapatkan informasi mengenai Program JKN-KIS," ungkap Dian.

"Selain mendorong peserta menunggak untuk membayar iuran, Kader JKN ikut berperan aktif mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan, sehingga nantinya akan dicarikan solusi atas permasalahan tersebut,” tambah Dian. 

Pada kegiatan yang sama diinformasikan kepada seluruh Kader JKN yang tergolong kinerja baik, kinerja sedang, dan kinerja buruk.

Pemutusan kerja sama bagi yang berkinerja buruk dan pemberian apresiasi atas Kader JKN dengan kinerja baik atau pengumpul terbanyak dilakukan.

Hal ini sebagai bahan evaluasi dan mengingatkan kembali komitmen seluruh Kader JKN sebagai mitra untuk mendorong pengumpulan iuran demi menyukseskan Program JKN-KIS.

Di tahun 2022 Supervisi Kader JKN di Kabupaten Bogor Muhali masih memimpin dan mengayomi 70 Kader JKN yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong.

Di kesempatan yang sama ia menyampaikan menurutnya kegiatan evaluasi Kader JKN yang rutin dilaksanakan menjadi kesempatan bertukar pikiran dan mencari solusi atas kendala yang dihadapi Kader JKN saat turun langsung ke masyarakat.

“Kegiatan rutin seperti evaluasi yang dilakukan ini bagus untuk para Kader JKN dan sekaligus tempat silahturami agar bisa memotivasi satu sama lain untuk mencapai target," ujar Muhali.

Ia berharap, Kader JKN di masing-masing wilayah dapat mengayomi peserta binaannya yang akan berpengaruh pada pembayaran iuran peserta.

"Kader JKN dengan kinerja buruk yakni yang tidak mecapai target bisa lebih semangat dan belajar mengikuti kiat-kiat dari Kader JKN yang kinerja baik,” ungkapnya. 

Evaluasi Kader JKN yang memiliki hasil bagus dan mencapai target sangat berpengaruh untuk keberlangsungan Program JKN-KIS.

Bagaimanapun, keberlangsungan program ini sangat diharapkan oleh masyarakat, membina peserta Program JKN-KIS sekaligus mendorong pembayaran iuran menjadi fokus Kader JKN, dengan semangat menjalankan tugas mulia, Kader JKN ikut menyukseskan Program JKN-KIS.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved