Berita Daerah

Warga Serukan Cegah Peredaran Narkoba, Tangkal Radikalisme Hingga Terorisme Lewat Gebyar Jalan Sehat

Sejumlah santri bersama warga serukan pencegahan peredaran narkoba hingga tangkal radikalisme dan terorisme lewat gebyar jalan sehat.

Editor: Panji Baskhara
KOMPAS.com
Ilustrasi: Sejumlah santri bersama warga serukan pencegahan peredaran narkoba hingga tangkal radikalisme dan terorisme lewat gebyar jalan sehat. 

WARTAKOTALIVE.COM - Kegiatan 'Gebyar Santri dan Jalan Sehat, Damai untuk Negeri' diselenggarakan pada Minggu (25/9/2022).

Kegiatan itu digelar di Lapangan Tunas Muda Simbaringin, Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Kegiatan yang digelar Santri Dukung Ganjar (SDG) ini, diramaikan oleh ribuan santri hingga warga Kabupaten Lampung Selatan.

Hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo aga menjadi Presiden di tahun 2024.

Agenda jalan sehat menurut Koordinator Daerah SDG Kabupaten Lampung Selatan, Pahrol Rozi, mereplikasi sisi Ganjar Pranowo yang hobi berolahraga.

"Sejauh ini masyarakat Kabupaten Lampung Selatan memang sudah banyak mengenal sosok Pak Ganjar. Untuk itu, mereka sangat antusias datang ke acara ini untuk mendukung beliau," ucap Rozi melalui keterangan tertulisnya.

Ganjar Pranowo juga disebut sebagai pemimpin yang punya jejak rekam baik, adil, apa adanya, kharismatik, dan merangkul semua kalangan.

Selain itu kata dia, Ganjar Pranowo turut menggandeng kalangan pesantren (ulama, santri, dan pengasuh pondok pesantren) dalam memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba hingga menangkal radikalisme.

Hal ini beralasan, karena pondok pesantren (Ponpes) memiliki kelebihan dalam bidang keagamaan yang bisa bawa pengaruh positif untuk masyarakat, bahkan menjadi benteng pemberantasan narkoba.

Peran lain dari ponpes adalah membantu para pecandu narkoba pulih dari kecanduan obat-obatan terlarang dengan melakukan rehabilitasi

Tidak hanya itu, tambahnya, ponpes juga memiliki peran dalam menyerukan anti radikalisme dan terorisme.

Para santri, ulama, dan pengasuh ponpes diminta untuk terus menyebarkan ajaran Islam yang rahmatan lilalamin (rahmat bagi semua).

Pada gilirannya, inisiatif ini akan mendukung toleransi yang tinggi di kalangan masyarakat.

"Pak Ganjar itu sudah berpengalaman. Terbukti, beliau pernah menjabat di legislatif dan eksekutif daerah. Pak Ganjar juga begitu merangkul kami para santri"

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved