UMKM

Pemkab Karawang Selamatkan Pelaku UMKM di Daerah Miskin, Distribusikan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar

Pemkab Karawang bergerak cepat menyelamatkan pelaku UMKM di daerah miskin yang kini kesulitan modal.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
Kompas.com
Ilustrasi - Pemkab Karawang mengguyur bantuan kepada pelaku UMKM di 25 desa dari lima kecamatan yang masuk kategori miskin ekstrem. Kini, mereka kesulitan modal usaha. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang mulai mendistribusikan bantuan barang kepada  pelaku UMKM senilai Rp 1 miliar.

Pemberian bantuan itu, diberikan kepada para pelaku UMKM dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Bidang Perizinan dan Pengembangan Koperasi, pada Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Diah Mira Desi Avianti mengatakan, pendistribusian bantuan itu diberikan pada 25 desa di lima kecamatan yang masuk kategori miskin ekstrem.

"Tapi warga di luar desa miskin ekstrem pun tetap mendapat kuota bantuan barang ini, yang masuk miskin ekstrem jadi prioritas," katanya, pada Senin (26/9/2022).

Dia menuturkan, bantuan UMKM diberikan berbentuk barang agar lebih bermanfaat dan tepat sasaran penggunannya dibandingkan uang.

"Program bantuan barang senilai Rp 1 miliar ini merupakan gagasan besar dari bupati dan wakil bupati, jangan uang tapi barang," jelasnya.

Baca juga: Jala Lintas Media Group Hadirkan Tiga Produk ICT Unggulan untuk Segmen UMKM, Bisnis dan Individu

Bantuan barang yang diberikan itu, kata Mira, tahap awal didistribusikan 7 lemar es show case, 5 gerobak usaha, mesin jahit, meja portable, alat masak lengkap, hingga 36 paket alat tata boga.

“Kami berharap para pelaku usaha ini bisa berkembang dan meningkatkan usahanya, sehingga bersama sama memberikan kontribusi kepada koperasi agar lembaga koperasinya lebih kuat dan berjalan dengan sehat,” harapnya.

Dia menambahkan, tak hanya memberikan bantuan barang, melalui program ini Dinkop UKM Karawang juga berkolaborasi dengan pengelola koperasi untuk pembinaan dan bantuan modal usaha.

Baca juga: Berkunjung ke Ambon, Sandiaga Uno Wujudkan Harapan Pegiat UMKM Asal Papua

“Setelah menerima bantuan barang, selanjutnya pelaku usaha mikro mendapat pendampingan dan pembinaan dari tempat koperasi mereka bernaung. Selain itu, kita bekerja sama dengan koperasi simpan pinjam (KSP) untuk memberikan bantuan modal usaha kepada para pelaku usaha yang sudah menerima bantuan barang ini,” ujar Mira.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved