Peretasan Data

Timsus Akan Pastikan Hacker Bjorka WNA atau WNI

Hacker Bjorka merupakan warga negara asing (WNA) atau warga negara Indonesia (WNI) akan dipastikan setelah teridentifikasi dan dibekuk

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri enggan berandai-andai apakah hacker Bjorka merupakan warga negara asing (WNA) atau warga negara Indonesia (WNI). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Polri enggan berandai-andai apakah hacker Bjorka merupakan warga negara asing (WNA) atau warga negara Indonesia (WNI).

Hal itu akan dipastikan, jika nantinya tim khusus berhasil membekuk atau mengidentifikasi pelaku yang dikenal dengan hacker Bjorka itu.

"(WNI atau WNA?) Kita tidak berani berandai-andai," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan pada Senin (19/9/2022).

Selain itu, ia menuturkan tak menutup kemungkinan ada tersangka lainnya selain pemuda asal Madiun, Jawa Timur, berinisial MAH (21).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan bahwa pihaknya masih terus melakukan pencarian terhadap hacker Bjorka.

Adapun kasus tersebut masih ditangani oleh tim khusus (Timsus) gabungan bentukan Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Warga Madiun yang Diduga Bantu Hacker Bjorka Terancam Dihukum Delapan Tahun Penjara

"Tentunya (ada kemungkinan selain MAH), kan Timsus masih bekerja. Saat ini timsus sedang bekerja," kata dia.

"Dan mungkin juga kalau sudah ada hasil kerja timsus nanti dan disampaikan ke saya datanya akan saya sampaikan," lanjutnya.

MAH dijerat pasal Undang-undang ITE setelah menjadi tersangka karena diduga membantu hacker Bjorka. Ia terancam hukuman paling lama 8 tahun penjara.

Baca juga: KPK Berharap Tak Jadi Target Hacker Bjorka dan Mampu Menangkal Jika Diserang

"Pasal 46, 48, 32 dan 31 UU ITE. Ya ada beberapa pasal disitu, yang penting apa yang diterapkan dari timsus khususnya dari Ditsiber," ujar Dedi.

"(Bjorka pasalnya) pasal terkait UU ITE, 46,30,31 itu semua di situ. UU ITE yang diterapkan Timsus khususnya Dirsiber," sambungnya. (m31) 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved