Status PPKM

Kemendagri RI Melakukan Revisi Status PPKM di Jakarta dan Sekitarnya dari Level 2 Menjadi Level 1

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merevisi status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (6/7/2022

dok. Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan pada Kemendagri Safrizal. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta dan sekitarnya turun dari level dua ke level satu.

Perubahan status PPKM itu berlaku setelah ada revisi yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu (6/7/2022). 

Hal itu diketahui dari Inmendagri yang menjadi dasar implementasi PPKM di wilayah Jawa dan Bali. 

Berdasarkan dokumen yang diterima, awalnya Mendagri Tito Karnavian menetapkan status PPKM di Jakarta naik jadi level dua melalui Inmendagri Nomor 33 tahun 2022 pada Senin (4/7/2022).

Namun sehari kemudian atau Selasa (5/7/2022), Tito mengeluarkan Inmendagri baru Nomor 35 tahun 2022. 

Baca juga: Aturan PPKM Level 2 di Jabodetabek, Pembatasan Bioskop hingga Pusat Perbelanjaan

Baca juga: DAFTAR Lengkap PPKM Jawa-Bali Hingga 1 Agustus 2022: Jabodetabek Kembali Merosot ke Level 2

Baca juga: Jabodetabek Terapkan PPKM Level 2, Berikut 12 Sektor yang Boleh WFO Full, yang Lain Kembali WFH

Regulasi tersebut menjelaskan bahwa PPKM di Jakarta dan sekitarnya kembali turun menjadi level satu. 

Inmendagri tersebut ditandatangani Tito dan berlaku pada 6 Juli 2022 hingga 1 Agustus 2022.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level satu yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," tulis keterangan dalam Inmendagri tersebut.

BERITA VIDEO: Suasana Mencekam Puting Beliung Menerjang Warga Singosari Malang

Selain DKI Jakarta, terdapat beberapa provinsi lain yang juga menerapkan PPKM level 1, di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali

Penetapan level wilayah tersebut berpedoman pada Indikator Transmisi Komunitas pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta naik dari level satu menjadi level dua. 

Kebijakan tersebut tercantum dalam Inmendagri Nomor 33 tahun 2022 tentang PPKM Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan pada Kemendagri Safrizal mengatakan bahwa kebijakan tersebut berlaku mulai dari dari 5 Juli 2022 hingga 1 Agustus 2022 mendatang.

Pada pelaksanaan PPKM tersebut perlu ada perhatian serius kepada seluruh pihak, khususnya Jawa Bali yang kembali ada daerah dengan status PPKM level satu.

“Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5,” kata Safrizal berdasarkan keterangannya pada Selasa (5/7/2022). 

“Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi level dua yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong,” tutur Safrizal.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved