Sadar Pentingnya Memiliki Jaminan Kesehatan, Sherly Imbau untuk Daftar JKN-KIS Sebelum Sakit

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya aktif terdaftar Program JKN-KIS.

Editor: Lucky Oktaviano
Istimewa
Sadar pentingnya memiliki jaminan kesehatan, Sherly Scesaria (16), pelajar yang berdomisili di Cimandala Kabupaten Bogor, imbau untuk daftar JKN-KIS sebelum sakit. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG -- Mempunyai jaminan kesehatan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah hal wajib bagi seluruh masyarakat, karena penyakit dapat menyerang siapa saja.

Peranan penting Jaminan Kesehatan ini akan meminimalisir biaya yang ditimbulkan apabila kita berobat maupun mendapatkan penanganan khusus yang berisiko menimbulkan biaya lebih besar.

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya aktif terdaftar Program JKN-KIS.

Sherly Scesaria (16) seorang pelajar yang berdomisili di Cimandala Kabupaten Bogor menceritakan pengalamannya selama ini mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Baca juga: Terstimoni Fadhlan: Pelayanan Faskes Rasa Bintang Lima, Terima Kasih JKN-KIS

Ia dan keluarga terdaftar segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di kelas satu sejak tahun 2015.

Ia mengatakan kerap mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan walaupun kartunya tidak bawa atau pun hilang.

“Saya sering berobat ke Klinik Pelita Sehat Pomad karena memiliki penyakit maag. Asam lambung naik jadi suka mual berlebihan dan akhirnya lambung luka,” ujar Sherly, Kamis (24/3/2022).

"Biasanya saya berobat rawat jalan dan dikasih obat, sudah beberapa kali rasa sakitnya kambuh namun tidak pernah disuruh bayar walaupun kartu saya gak bawa, mungkin karena data saya sudah online dan terdaftar jadi tetap mendapatkan pelayanan."

Baca juga: Inovasi Jebol Diterapkan di Kecamatan Rancabungur untuk Sebarluaskan Pemahaman JKN-KIS

"Alhamdulillah tidak pernah dipersulit, kalau harus menunggu ya karena sudah sesuai prosedur dan banyak pasien yang harus dilayani juga," ujarnya.

Selain itu, Sherly juga menceritakan pengalaman saudaranya yang hingga saat ini masih mendapatkan pelayanan cuci darah akibat gagal ginjal.

Sudah menahun mendapatkan pelayanan cuci darah yang sebelumnya dari RSUD Leuwiliang lalu dirujuk ke RS Sentra Medika dan sampai saat ini masih dalam perawatan.

Keluarga merasa sangat terbantu adanya Program JKN-KIS karena mengatasi biaya pengobatan yang diketahui memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Saudara saya rutin cuci darah karena gagal ginjal dan sekarang masih dirawat di RS Sentra Medika. Menurut saya Program JKN-KIS ini sudah merupakan pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia kedepannya, terutama bagi masyarakat dengan penghasilan yang tidak banyak. Sedini mungkin mempersiapkan jaminana Kesehatan sebelum sakit karena kalau pun tidak sakit iuran tersebut digunakan untuk biaya pasien lain yang membutuhkan pengobatan,” kata dia. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved