Jambore Pramuka

Iwan Setiawan Menaruh Asa Jambore Pramuka Kembali Digelar setelah Absen Akibat Pandemi Virus Corona

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menaruh asa atas terelenggaranya Jambore Pramuka di wilayahnya. Kegiatan ini pas untuk generasi muda.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Valentino Verry
TribunBogor/Hironimus Rama
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan berharap generasi muda bisa aktif ikut Pramuka, karena bisa menempa mental menjadi kuat dan cinta bangsa. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan terkesan dengan kegiatan jambore Pramuka yang kembali bisa digelar, 23-24 Juni 2022.

Tadinya, selama hampir dua tahun Pramuka tidak bisa mengadakan Jambore, karena kegiatan itu dianggap ramai dan mengundang banyak orang.

“Kini ini kita melaksanakan Jambore Cabang di lima wilayah. Alhamdulillah masyarakat terutama adik-adik Pramuka ini sangat antusias dan bergembira,” ucapnya, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Nama Jalan Berubah, Warga Cuek tak Mau Ubah Data Alamat Rumah dan Kantor

“Ini hal yang menggembirakan untuk saya, karena bisa kembali berkumpul bersama para anggota Pramuka Kabupaten Bogor,” imbuh Iwan. 

Menurut Iwan, Jambore adalah wahana pembinaan dan pengembangan diri Pramuka Penggalang, yang dikemas secara rekreatif dan edukatif untuk melatih dan mengembangkan mental, fisik, spiritual dan sosial.

“Ini juga dapat membentuk karakter kepemimpinan, pesan saya kegiatan ini agar berkelanjutan,” ungkapnya.

Iwan berharap, kegiatan seperti ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota Pramuka Kabupaten Bogor.

"Pramuka Kabupaten Bogor juga akan ikut serta pada Jambore Nasional, kemudian mengirimkan anggota Pramuka untuk mengikuti Jambore Dunia di Korea Selatan," papar Iwan.

Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor menggelar Jambore pada 23-24 Juni 2022.

Jambore ini dilaksanakan di lima wilayah yang ada di Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dibuka di Wilayah 5 yang meliputi Kecamatan Cigombong, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Cijeruk, Tamansari, Ciomas, dan Caringin, Kamis (23/6/2022).

Lalu pada Jumat (24/6/2022) kegiatan serupa dibuka untuk Wilayah 1 di Cigudeg, Wilayah 2 di Ciampea, Wilayah 3 di Tanjungsari, dan Wilayah 4 di Sukaraja.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridallah mengatakan kegiatan ini merupakan agenda besar bagi anggota penggalang.

Baca juga: Cerita Uki Diqie dan Thana Ajeng Ketemu di Kampus, 12 Tahun Pacaran hingga Berkarya Bareng Aviwkila

"Jambore ini mendapatkan antusias tinggi dari anggota Pramuka Kabupaten Bogor," kata Agus.

Dia menjelaskan terdapat 400.000 anggota Pramuka di Kabupaten Bogor.

"Jumlah yang besar ini menjadi tantangan bagi kami bagaimana mengembangkan kualitas gerakan Pramuka di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Ada beberapa strategi yang dilakukan Kwarcab Kabupaten Bogor.

Salah satunya adalah mendorong perekrutan anggota muda yaitu Pramuka Garuda.

"Kami menargetkan 10 ribu anggota Pramuka Garuda. Pramuka Garuda merupakan anggota Pramuka berprestasi yang memiliki keteladanan di masyarakat, lingkungan sekolah dan keluarga," ungkap Agus.
 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved